A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_session1tc74tcm4slhdedr0kti9fpcdjhla94p): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

PAN Duduki Posisi Pertama sebagai Partai dengan Bacaleg Perempuan Terbanyak di Pemilu 2024 - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

PAN Duduki Posisi Pertama sebagai Partai dengan Bacaleg Perempuan Terbanyak di Pemilu 2024

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

30 - Aug - 2023, 19:57

Placeholder
Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Intan Fauzi. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Ketua Umum Perempuan Amanat Nasional (PUAN) Intan Fauzi mengungkap bahwa partainya telah terbuka untuk kaum perempuan yang ingin berjuang demi bangsa. Ketua DPP PAN itu juga mengungkap partainya merupakan partai dengan bacaleg perempuan terbanyak dibandingkan partai lainnya untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Memang seperti ketum sampaikan di bimtek, pembukaan bimtek, dan HUT Ke-25 PAN, ketum menyatakan bahwa perempuan di PAN itu terbuka. Kita inklusif dan perempuan sama. Artinya, yang dimaksud ketum itu adalah, kita sama-sama berjuang. Semua diberi kesempatan yang sama. Baik sebagai kader, sebagai pengurus, sebagai caleg," kata Intan kepada wartawan, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga : BPJS Kesehatan Luncurkan Program Pesiar untuk Percepatan Capaian UHC

"Dan ini terbukti bahwa untuk Pemilu 2024, caleg perempuan dari PAN itu tertinggi jumlah bacalegnya dari 9 parpol yang sekarang ada di parlemen," tambahnya.

Lebih lanjut Intan mengungkap, dalam partainya ada 37,2 persen perempuan bacaleg PAN di Pemilu 2024. Mereka tersebar di 84 dapil di Indonesia.

"Kita itu perempuan 37,2 persen, mengisi 84 dapil, 216 bacaleg dari total caleg yang ada. Uji komposisinya 37,2 persen tersebut tertinggi dari 9 parpol yang sekarang ada di parlemen," ujarnya.

Kemudian, Intan mengungkapkan pemilih PAN juga kebanyakan kaum perempuan. Dia menyebut selain didominasi pemilih dari Muhammadiyah, PAN juga didominasi pemilih perempuan yang kian meningkat.

"Kemudian kami juga hari ini tadi bersama Indikator Politik, Mas Burhanuddin Muhtadi menyampaikan hasil survei yang dilakukan secara analis demografi. Artinya secara akademik, di situ sangat jelas bahwa pemilih PAN itu terbesar ceruknya adalah perempuan. Kemudian kalau bicara dari gender, selain PAN pemilih perempuan yang tertinggi dari seluruh parpol, ditambah lagi perbandingan antara PAN sendiri, perempuan itu ada di 6,2 persen, laki-laki di 2,3 persen," katanya.

"Kemudian survei terakhir juga menunjukkan justru ada peningkatan lagi pemilih perempuan. Ini kita bicara pemilih perempuannya, pemilih perempuan meningkat. Selain tentunya kita bicara bahwa memang tidak terlepas pemilih PAN ini adalah Muhammadiyah," sambungnya.

Intan kemudian mengatakan Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas mendorong kaum perempuan untuk maju bersama. "Kemudian tentunya juga selaras dengan apa yang disampaikan ketum, PAN mendorong perempuan ini bisa maju dan setara. Jadi, kemudian kalau ditempatkan 216 bacaleg dan menjadi bukti bahwa juga PAN sangat terbuka," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas mendorong agar keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen di parlemen terpenuhi. Menurut dia, peran perempuan sangat penting dalam parlemen untuk memperjuangkan hak-hak kaum hawa.

“Di balik pria yang sukses  selalu ada perempuan yang tangguh. Begitu juga dalam urusan politik, butuh perwakilan ibu-ibu di pusat agar hak kaum perempuan terwakili,” kata Zulhas dalam keterangannya, Jumat, (14/7/2023).

Baca Juga : Siap-Siap, 2024 Pertalite Dihapus

Zulhas mengatakan PAN punya concern terhadap isu-isu perempuan. Oleh karena itu, ia menyatakan siap memperjuangkan keterwakilan perempuan di parlemen. Tujuannya agar isu perempuan seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga kesetaraan gender bisa diperjuangkan.

Menteri perdagangan itu menyatakan keseriusan keterwakilan perempuan itu juga didorong di internal partai. Salah satunya dengan mendorong perempuan untuk aktif dalam kepengurusan. Bahkan dalam Pasal 71 AD/ART partai, turut diatur soal ini.

“Dalam pasal tersebut, PAN harus menempatkan kader perempuan 30 persen di DPP dan DPW,” kata Zulhas.

Tak hanya itu. Zulhas juga membeberkan PAN memiliki organisasi sayap bernama Perempuan Amanat Nasional (Puan). Dalam organisasi tersebut, PAN memberikan wadah perempuan untuk berpolitik serta menyampaikan aspirasi.

“Kami ingin membuktikan bahwa saat ini keberadaan perempuan bukan hanya hadir sebagai pelengkap atau penggembira semata. Melainkan bisa memberi warna baru untuk menjadi lebih baik lagi, baik itu di legislatif, eksekutif, bahkan di organisasi sosial kemasyarakatan,” kata Zulhas.

 


Topik

Politik PAN bacaleg perempuan Pemilu 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy