Upaya terus memperindah Alun-Alun Kota Batu tidak hanya dengan cara merapikan  pedagang kaki lima (PKL). Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Batu juga terjun untuk membersihkan lingkungan Alun-Alun Kota Batu.

Pegawai negeri bersama PKL bersama-sama membersihkan seputar Alun-Alun Kota Batu. Tepatnya di area dalam, tidak hanya sekadar menyapu, tetapi lantai juga disikat menggunakan sabun dan sikat hingga dipel.

Tentunya upaya membersihkan Alun-Alun Kota Batu untuk memaksimalkan keindahan dan kenyamanan wisatawan. Sebab, tidak hanya merapikan PKL dan area parkir, kebersihan lingkungan sekitarnya juga menjadi sorotan wisatawan dari berbagai daerah.

Apalagi Alun-Alun Kota Batu menjadi jujukan wajib bagi wisatawan yang ke Kota Batu. Sehingga Pemkot Batu melibatkan ASN untuk ikut menjaga dan merapikannya.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan ingin menyempurnakan kebersihan area Alun-Alun Kota Batu. “Kalau sejak Senin lalu Alun-Alun Kota Batu bersih dari PKL, kita juga harus sempurnakan dengan membersihkan dari sampah,” ungkap Punjul, Jumat (20/7/2018).

Dia menambahkan, kebersihan juga tanggung jawab bersama. Sehingga harus gotong-royong untuk  memberihkan sampah dan lantai yang sudah terlihat kusam,. Menurut Punjul, kegiatan bersih-bersih ini juga untuk mendukung program Kota Batu Bebas Sampah 2020 mendatang. (*)