A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_session34vd0f02cn87k337gdauhpbt55h9q5ej): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Hadir dari Malaysia, Peserta Pesta UMKM 2023 Hadirkan Aplikasi Verifikasi Halal - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa Pesta UMKM

Hadir dari Malaysia, Peserta Pesta UMKM 2023 Hadirkan Aplikasi Verifikasi Halal

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

30 - Aug - 2023, 14:53

Placeholder
Serunai E-commerce yang ada di Pesta UMKM 2023 (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Peserta Pesta UMKM 2023 yang digelar Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (KPEU MUI) Jawa Timur ada yang dari Malaysia.

Pesta UMKM 2023 nampaknya menarik perhatian dari banyak pihak. Selain mengundang para bintang tamu dari kalangan enterpreneur hingga kalangan artis, ternyata ada juga peserta UMKM dari negeri sebelah yakni Malaysia.

Baca Juga : Sidoarjo Panen Tangkapan Narkoba, Polisi Ringkus Empat Tersangka Sekaligus 

 

Peserta dari Malaysia itu menamakan dirinya sebagai Serunai E-commerce. Saat ini mereka memiliki kantor di UB Malang karena telah menjalin kerja sama.

Peserta tersebut mewakili Universitas Brawijaya (UB) Malang yang fokusnya dalam hal verifikasi halal.

“Kami disini bekerja sama dengan Universitas Brawijaya terkait dengan aktivitas audit dan aktivitas pendamping (UMKM). Hal itu yang berkaitan dengan sertifikasi halal bagi sebuah produk,” kata asisten manager Serunai Halal Centre, Muhammad Faizal Ahmad Paruti.

Menurut Faizal, Pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan bahwa pada tahun 2024 tepatnya pada 17 Oktober 2024 akan dimulai untuk kewajiban sertifikasi halal. Hal itu seperti di antaranya produk makanan, minuman, hasil sembelihan dan jasa penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman.

“Dari pemerintah kan sudah ada anjuran bahwa semua produk makanan dan minuman harus halal pada tahun 2024. Jadi yang kami bawa adalah teknologi, untuk membantu aktivitas yang berkaitan dengan halal. Halal itu sendiri mulai dari saat aktivitas halal dan juga selepas aktivitas halal,” kata Faisal dengan logat bahasa Malay kepada JatimTIMES.

Di situ, Faizal menerangkan bahwa pihaknya pada Pesta UMKM membantu para UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. 

“Tapi bukan sekadar apply halalnya, juga perlu dipastikan dan dicek bagaimana produknya. Bahan baku juga selalu kami monitor, mungkin produknya bagus tapi bahannya expired jadi harus diperbarui,” beber Faizal.

UMKM yang masih bertanya-tanya dijelaskan Faizal, bahwa pada sistem aplikasi yang dimilikinya ini semua telah terkolaborasi. Sehingga jika sudah daftar di dalam aplikasi, maka sudah masuk semua karena semua satu sistem.

“Karena di tempat kami ada aplikasi verify halal. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk menilai produk halal atau tidak,” ungkap Faizal.

Baca Juga : Bermain Game Lebih Seru Dengan Melakukan Top Up Garena 

 

Di tempat yang sama Manager Serunai Halal Centre, An Nabil Zarini mencontohkan di Indonesia jika satu produk jika telah terverifikasi akan terlihat dalam sistem aplikasi tersebut. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah membedakan mana makanan yang telah terverifikasi halal atau tidak.

“Aplikasi itu global, jadi produk di seluruh dunia yang terdaftar pada sistem kami akan terlihat halal atau tidaknya,” imbuh An Nabil Zarini.

Saat ini, di Indonesia sendiri Serunai Halal Center masih berada di Universitas Brawijaya Malang. Namun ke depan ia mengaku akan mengembangkan kerja sama tersebut ke sejumlah kampus lain.

“Saat ini awalnya di UB, nah sekarang kami lebih banyak lagi relasi, InsyaAllah ke depan akan lebih banyak bekerja sama. Pada sistem aplikasi kami, sudah ada 1066. Tapi kami yakin produk UMKM lebih banyak dari yang sudah terdaftar ini,” ungkap An Nabil Zarini.

Dijelaskan Nabil, untuk persyaratan sendiri cukup mudah. UMKM hanya perlu mendownload saja di Playstore atau Apple Store.

“Nah, aplikasi kami ini menjamin penelusuran halal sepanjang waktu. Selagi mereka tidak ada perubahan,” tutup Nabil.


Topik

Peristiwa Pesta UMKM KPEU MUI MUI Jatim aplikasi verifikasi halal sertifikasi halal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri