Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kuliner

Minuman Tradisional Jadi Favorit Warga +62, Apa yang Nomor 1?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

30 - Aug - 2023, 14:42

Placeholder
Ilustrasi cendol (pixabay)

JATIMTIMES - Indonesia memiliki banyak jenis kuliner khas, baik itu makanan maupun minuman. Untuk jenis-jenis minuman sendiri, juga beragam dan setiap jenis minuman mempunyai penyuka tersendiri. Tapi apa sih kira-kira minuman yang menjadi masyarakat Indonesia?

Perusahaan survei berbasis digital, yakni Populix, mengungkapkan minuman favorit masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Cara Mudah Melakukan Pembayaran PBB Online

Dari hasil survei, masyarakat Indonesia banyak menyukai minuman tradisional. Jenis minuman tradisional sendiri, banyak dimiliki Indonesia dan telah turun menurun dikonsumsi. 

Hasil survei, persen responden paling menyukai minuman tradisional jenis cendol. Persentase responden yang menyukai minuman ini mencapai 48 persen. 

Kemudian, disusul minuman olahan rempah atau empon-empon seperti jamu. Mereka yang menyukai minuman ini persentasenya hampir setengah dari yang menyukai cendol. Lebih tepatnya, responden yang menyukai minuman ini mencapai 23 persen. 

Pada posisi ketiga, ada minuman wedang ronde. Minuman dengan campuran jahe, ketan, dan kacang ini disukai oleh 13 persen responden. Minuman tradisional lainnya yang juga disukai masyarakat Indonesia adalah Bajigur. 

Minuman yang komposisinya santan, gula merah, daun pandan, kayu manis ini disukai oleh 7 persen responden. Berikutnya ada minuman tradisional bernama sekoteng.

Minuman dengan campuran jahe, pandan, serai, sagu mutiara merah, kacang tanah, pacar cina roti tawar, dan kacang hijau ini disukai oleh 5 persen responden.

Baca Juga : Point Blank, Game Favorit Anak Muda

Ada pula 2 persen responden di dalam negeri yang menyukai teh talua. Teh talua atau teh telur adalah minuman manis khas Sumatra Barat. Minuman ini juga mempunyai manfaat kesehatan 

"Sedangkan, bir pletok dan minuman tradisional lainnya sama-sama disukai 1 persen responden," kutip dari data Indonesia.

Untuk diketahui, survei yang dilakukan Populix ini dilakukan pada 8-9 Agustus 2023 secara daring. Responden yang dilibatkan mencapai 1059 orang responden yang berasal dari berbagai daerah.


Topik

Kuliner minuman tradisional paling enak Populix teh talua



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri