Rapat koordinasi prospek usaha di wilayah Baperwil III Malang, Jumat (20/7/2018), di Hotel Ijen Suites Malang. DPMPTSP Kota Malang turut hadir dalam pemaparan. (Pipit Anggraeni)
Rapat koordinasi prospek usaha di wilayah Baperwil III Malang, Jumat (20/7/2018), di Hotel Ijen Suites Malang. DPMPTSP Kota Malang turut hadir dalam pemaparan. (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Kota Malang menjadi salah satu daerah yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Terutama untuk mengembangkan potensi investasi di bidang pariwisata.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur Lili Soleh Wartadipradja menyampaikan, Kota Malang memiliki sederet potensi. Selama ini paling banyak adalah bergerak pada bidang jasa perdagangan, pendidikan, dan properti. Selain itu. banyak menyuguhkan potensi di bidang pariwisata.

"Dan kali ini kami nilai potensi wisata di Kota Malang cukup bagus dan diharapkan mampu dikembangkan," katanya kepada MalangTIMES setelah membuka rapat koordinasi prospek usaha di wilayah Baperwil III Malang, Jumat (20/7/2018) di Hotel Ijen Suites Malang.

Tak hanya Kota Malang. Lili juga berharap agar beberapa daerah di Jawa Timur lebih meningkatkan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Ke depan, hasil potensi yang dipaparkan dalam rakor prospek usaha itu akan disampaikan dalam ajang berskala internasional. "Dan hasilnya akan kami sampaikan dalam ajang pemasaran yang akan diselenggarakan akhir Agustus ini di Singapura," tambahnya.

Terpilihnya Singapura dikarenakan banyak investasi yang masuk dari negara singa tersebut. Meskipun memang ada beberapa negara yang pada dasarnya berinduk dari negeri Eropa. "Pusatnya memang bukan di Singapura, tapi di sana itu paling banyak tercatat dimulainya investasi di Jawa Timur," jelasnya lagi.

Sementara itu, Kabid Data dan Sistem Informasi DPMPTSP Kota Malang Alwiyah menambahkan, peluang investasi di bidang pariwisata saat ini tercatat menduduki posisi keempat dari lima sektor yang dikembangkan. "Pariwisata jelas bisa dikembangkan dengan berbagai upaya," ucapnya.

Menurut Alwiyah, beberapa potensi investasi wisata yang bisa dikembangkan di Kota Malang seperti pengembangan pasar seni, penambahan fasikitas rekreasi buatan, pengembangan taman olahraga, pengelolaan wisata kuliner, hingga penyediaan pusat informasi wisata dalam dan luar negeri. (*)