Dua mobil yang baru diamankan di Polres Malang Kota. (Humas Makota)
Dua mobil yang baru diamankan di Polres Malang Kota. (Humas Makota)

MALANGTIMES - Patroli polisi berhasil mengamankan dua mobil yang digunakan balap liar di  kawasan Soekarno-Hatta, Kota Malang. Balap liar tersebut kebanyakan dilakukan kalangan anak muda.

Mobil berjenis Honda Jazz bernopol N 955 NR warna putih dan Honda Brio bernopol L 1715 ZJ warna merah itu diamankan petugas pada Minggu sekitar pukul 02.00. Saat itu, petugas sudah mengintai kawasan tersebut. Petugas mendapati kedua mobil memang melaju dengan kecepatan tinggi untuk beradu kecepatan.

Baca Juga : Polisi Akui Kejahatan Jalanan Kota Malang Meningkat Usai Program Asimilasi

Petugas tak langsung mengejar kedua mobil tersebut. Namun petugas menunggu mobil tersebut berhenti. Saat berhenti, tak menunggu lama, petugas langsung mengamankan kedua mobil bersama dua pengemudinya.

 “Memang awalnya dibiarkan saja, menunggu sampai mereka berhenti. Setelah itu, kami tindak. Saat ini mobilnya masih diamankan di Polres Malang Kota," ungkap Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Kota Ipda Luhur.

Patroli rutin setiap Minggu akan terus dilakukan untuk mengatisipasi adanya balap liar yang biasanya berujung pada taruhan judi. Selain itu, jika patroli tak digelar secara rutin, hal tersebut malah membuat balap liar semakin meningkat.

"Tentunya patroli menggunakan pakaian preman. Kalau pakaian dinas dan pakai mobil dinas, ya pasti mereka kabur semua," ucap Luhur.

Ke depan patroli tak hanya dilakukan oleh unit lantas. Ada gabungan dengan unit lain, seperti unit satreskrim dan unit satreskoba.

Baca Juga : Jambret Mulai Marak, Korbannya Para Ibu yang Sedang Belanja

“Ya seperti di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Ijen, dan Jalan A. Yani yang sering dipakai anak muda dan mahasiswa untuk balap liar. Maka di sana kami sisir dan tempatkan personel,” ucapnya.