Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Jadi Ketua Muktamar Sufi Internasional 2023, Prabowo Puji Jokowi dan Habib Luthfi Masuk 500 Muslim Berpengaruh di Dunia

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

29 - Aug - 2023, 15:55

Placeholder
Prabowo saat menyambut kehadiran Jokowi di acara Muktamar Sufi Internasional 2023. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memuji dua tokoh Indonesia yang masuk daftar 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia. Kedua tokoh tersebut adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anggota Wantimpres Habib Luthfi bin Yahya.

Adapun hal tersebut disampaikan Prabowo saat menyampaikan laporan pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional 2023. Prabowo merupakan ketua panitianya. Acara ini digelar di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga : Sandiaga Uno Klaim Telah Klik dengan Ganjar, Sebut Bisa Sumbang 11 Juta Suara

"Selanjutnya perlu disampaikan bahwa kita merasa sangat beruntung, dalam ruangan ini ada dua tokoh yang masuk dalam daftar 500 muslim berpengaruh di dunia. Pertama Bapak Presiden RI Bapak Hj Jokowi, kedua Maulana Habib Luthfi bin Yahya. Dua putra Indonesia yang dihormati di seluruh dunia," kata Prabowo dilihat dari di YouTube World Sufi Assembly.

"Ini bukti konkret bagaimana ulama dan umara di Indonesia bersatu, bergandeng tangan, bahu-membahu membangun negeri tercinta," lanjutnya.

Prabowo mengatakan acara Muktamar Sufi Internasional ini menegaskan kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Dia menilai hal ini menjadi modal penting agar Indonesia dianggap sejajar oleh negara besar lain.

"Bapak Presiden yang kami muliakan, semoga acara ini semakin menegaskan apa yang Bapak sampaikan beberapa waktu lalu di pidato kenegaraan Bapak, bahwa international trust, kepercayaan dari dunia internasional, kepada Indonesia merupakan modal penting bagi kehidupan negara kita agar sejajar dengan negara besar lain di dunia," ujarnya

Dia mengajak semua pihak berdoa bersama agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan. Dia turut mendoakan para guru untuk menjadi penerang bagi peradaban manusia di dunia.

"Mari kita bersama berdoa agar Bapak Presiden dan segenap alim ulama yang hadir di forum ini senantiasa diberi kesehatan dan kekuatan. Semoga para guru sekalian senantiasa menjadi suluh, menjadi pelita, menjadi penerang di tengah masyarakat, suluh bagi peradaban pelita bagi kemanusiaan," tuturnya.

Sementara, pada saat acara berlangsung, terdapat momen menarik, dimana Prabowo dan Ganjar Pranowo terlihat saling bergandengan dan tertawa bersama. Momen itu terjadi usai Ganjar dan Prabowo itu mendampingi Jokowi memukul beduk, sebagai tanda dibukanya Muktamar Sufi Internasional.

Usai memukul beduk, Jokowi menyalami anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Luthfi bin Yahya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Prabowo, hingga Ganjar. Prabowo dan Ganjar pun saling bersalaman.

Kemudian, Jokowi terlihat menggandeng tangan Habib Luthfi bin Yahya untuk turun dari panggung menuju kursi. Sementara itu, Prabowo bergandengan tangan dengan Ganjar Pranowo.

Dua bakal calon presiden 2024 itu juga tertawa bersama-sama saat berjalan menuju ke kursi masing-masing. Ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang juga ikut tertawa bersama keduanya.

Baca Juga : Tegas! BPJS Ketenagakerjaan Gugat Perusahaan Menunggak Iuran di Kediri

Sebelumnya, Habib Muhammad Luthfi bin Yahya atau Habib Luthfi menjelaskan alasan ditunjuknya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Ketua Panitia Pusat Muktamar Sufi Internasional 2023. Penunjukan ini berkaitan dengan acara Multaqo Sufi Internasional yang akan digelar pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Kesepakatan Al Ulama Tasawuf ini dibacakan langsung oleh Habib Luthfi dalam acara The International Sufi Conference, Selasa (29/8/2023).

"Al Ulama Tasawuf Il Alami telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan para ulamanya, dari itu terbentuklah kepanitiaan sepakat terpilih, ketua umum adalah Bapak Menteri Pertahanan Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto beserta jajaran kepanitiaannya," kata Habib Luthfi saat pembukaan Multaqo Sufi Al-Alami Il seperti disiarkan YouTube World Sufi Assembly.

Habib Luthfi menyampaikan penunjukan Menteri Pertahanan Prabowo bukan sesuatu yang baru. Dia menyebut Menteri Pertahanan sebelumnya, Jenderal Ryamizard Ryacudu, juga pernah menjadi ketua umum pada World Sufi Assembly yang lalu.

"Bekerja sama dengan pemerintah melalui Departemen Pertahanan bukan suatu hal yang baru. Dari semenjak Menteri Pertahanan Bapak Jenderal Ryamizard Ryacudu pada waktu yang lalu dan dilanjutkan Bapak Menteri Pertahanan sekarang, Bapak Letnan Jenderal Prabowo Subianto," ucapnya.

Dia menekankan penunjukan ini sebagai langkah untuk memperkokoh pertahanan dan ketahanan nasional.

"Semuanya tidak lain untuk menunjukkan bahwa pemerintah, ulama, TNI, Polri, tidak bisa dipisah-pisahkan, dari itu akan menambah memperkokoh pertahanan dan ketahanan nasional," ujar dia.


Topik

Peristiwa Muktamar Sugi Internasional prabowo subianto presiden jokowi habib lutfi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni