Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Pesta UMKM 2023 Disambut Antusias Masyarakat, KPEU MUI Jatim : Penanda Kebangkitan UMKM

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

28 - Aug - 2023, 20:19

Placeholder
Pesta UMKM 2023 disambut antusias masyarakat (Anggara Sudiongko/Malang Times)

JATIMTIMES - Gelaran Pesta UMKM 2023 yang digelar Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur (KPEU MUI Jatim) bersama sejumlah mitra berlangsung semarak, Senin (28/8/2023). Masyarakat pun menyambut baik event tersebut, dimana terlihat animo masyarakat yang mengunjungi Pesta UMKM 2023 begitu banyak.

Dari pantauan media ini, bahkan sebelum kegiatan secara resmi dibuka, gelaran Pesta UMKM ini telah banyak dikunjungi masyarakat. Banyak masyarakat berkunjung ke berbagai stand yang ada di Pesta UMKM 2023. 

1

Gelaran Pesta UMKM 2023 juga banyak menuai apresiasi dari para pengunjung. Salah satunya Atiqoh, warga Sukun, Kota Malang. Menurutnya, event Pesta UMKM 2023 ini merupakan event strategis dalam mendongkrak geliat UMKM, khususnya di Jawa Timur. 

Baca Juga : Partisipasi Dorong Geliat UMKM, Begini Cara yang Dilakukan Mahasiswa Unikama di Desa Glanggang

"Saya tau dari media sosial, kebetulan juga sering ke NK Cafe, akhirnya sekalian kesini. Saya rasa event ini sangat bagus. Banyak produk UMKM yang ditampilkan dengan jenis varian. Ternyata Produk UMKM ini banyak yang menarik, mungkin juga kualitasnya juga sudah layak dikirim keluar negeri," kata wanita yang datang ke Pesta UMKM bersama keluarganya ini.

Animo kunjungan masyarakat yang begitu tinggi juga dibenarkan Ketua KPEU MUI Jatim, KH Noor Shodiq Askandar. 

2

"Alhamdulillah sudah banyak yang berkunjung walaupun sebelum acara dibuka," katanya.

Sebanyak 100 UMKM Jawa Timur, nampak memamerkan produknya pada stand yang disediakan. Mereka diberi ruang untuk memamerkan produknya di Pesta UMKM 2023. Para UMKM mempromosikan produk-produknya, berinteraksi bisnis dengan sesama pelaku usaha, konsumen untuk mendapatkan peluang bisnis dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Melihat animo masyarakat dan pelaku UMKM yang tinggi, Ketua KPEU MUI Jatim, KH Noor Shodiq Askandar menyampaikan, bahwa hal ini merupakan  penanda kebangkitan sektor UMKM lebih bangkit lagi.

"Kalau saya melihat hari ini di Pesta UMKM 2023, ini kebangkitan dari produk-produk usaha kecil yang kualitasnya bagus," ujarnya saat diwawancarai di lokasi Pesta UMKM 2023.

3

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa dilihat dari proses usahanya, baik dari segi pengemasan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan usaha UMKM, para pelaku UMKM sangatlah modern.

Baca Juga : Aneka Keripik Kota Batu Jadi Komoditi Ekspor, Nilainya Tembus Rp 17,5 Miliar

"Jadi pernak-perniknya macam-macam. Kemasan juga menarik. Termasuk  juga dalam hal perizinan, banyak dari pelaku UMKM telah berusaha mengurus perizinan dengan baik," kata pria yang akrab disapa Gus Shodiq ini. 

Dari situ, Gus Shodiq menyampaikan, bahwa ada tekad para pelaku UMKM untuk menjadi lebih baik dari berbagai sisi. Artinya, menurut Gus Shodiq, ini merupakan bentuk optimisme para pelaku UMKM untuk lebih maju dan berkembang. 

"Kita sudah melihat, ke depan kita harus optimis Indonesia ekonominya jauh lebih baik. Salah satu kuncinya kalau UMKM kuat, maka ekonomi Indonesia juga akan kuat," ujar pria yang juga Wakil Rektor II Unisma ini.


Topik

Peristiwa pesta umkm 2023 nur shodiq askandar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya