Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hiburan, Seni dan Budaya

Kemeriahan Acara Puncak Peringatan HUT ke-78 RI di RW 13 Kelurahan Sawojajar, Disambut Antusias Warga

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Aug - 2023, 12:20

Placeholder
Kemeriahan senam di RW 13 Kelurahan Sawojajar dalam peringatan HUT ke-78 RI. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kemeriahan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) masih dirasakan oleh seluruh warga. Salah satunya oleh warga RW 13 Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang yang turut menggelar acara puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada Minggu (27/8/2023). 

Ketua Panitia acara puncak Peringatan HUT ke-78 RI Ahmad Supriadi mengatakan, selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan, acara tersebut juga dimanfaatkan untuk mempererat silaturahmi antar warga RW 13 yang terbagi ke dalam 5 lingkungan RT. Untuk itulah diisi dengan berbagai kegiatan lomba. 

Baca Juga : Viral Caleg DPRD Kalimantan Selatan Jadikan Sajadah untuk Kampanye, Siapa Sosoknya?

"Kita mengikuti tema nasional 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju', mudah-mudahan RW 13 kita diharapkan tetap guyub. Lomba itu hanya sekadar mengikat saja terutama untuk memeriahkan, dan nilainya tidak terukur. Tapi itu targetnya memang silaturahmi," terang Supriadi.

Penyerahan hadiah salah satu lomba pada Peringatan HUT ke-78 RI Kemerdekaan di RW 13 Kelurahan Sawojajar Kota Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

Supriadi yang juga Ketua RT 4 ini menjelaskan, acara puncak yang digelar ini merupakan penutup dari serangkaian kegiatan yang digelar selama Agustus 2023. Dan pada puncak peringatan ini juga ada beberapa kegiatan yang dilangsungkan. 

"Puncaknya kita di tanggal 27 Agustus pertama ada senam, gerak jalan, lomba bazar, lomba makanan non beras. Lalu paduan suara. Setelah itu selebihnya pembagian doorprize. Dana dari semua RT masing-masing dan juga dari RW," jelas Supriadi, Minggu (27/8/2023).

Sementara itu, tradisi yang dilakukan di RW 13 adalah panitia peringatan Hari Kemerdekaan dilakukan secara bergilir di masing-masing RT. Namun demikian penyelenggarannya tetap dilakukan dengan bergotong royong oleh semua warga RW 13. Dan di akhir kegiatan, akan dilakukan penyerahan tongkat estafet kepanitiaan ke RT selanjutnya.

Penyerahan hadiah salah satu lomba pada Peringatan HUT ke-78 RI Kemerdekaan di RW 13 Kelurahan Sawojajar Kota Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

"Di akhir acara ada penyerahan tongkat estafet. Selanjutnya akan dievaluasi. Memang pasca pandemi problem ekonomi masih menjadi bahasan. Namun, antusias warga sangat bagus dan luar biasa. Dan doorprize diusahakan bisa memeriahkan diusahakan rata dapatnya. Doorprize utama nanti ada, tahun ini di level RT ada sepeda dan gitar. Janga dilihat dari nilainya tapi kebersamaannya," jelas Supriadi.

Ketua RW 13 Kelurahan Sawojajar Agus Sukarno mengatakan, peringatan HUT ke-78 RI di lingkungannya dilakukan dengan menggelar serangkaian kegiatan sepanjang bulan Agustus. Seperti pemasangan umbul-umbul, bendera, mengecat jalan, barikan atau syukuran pada malam hari kemerdekaan, serangkaian lomba hingga acara puncak pada Minggu (27/8/2023). 

Penyerahan pataka sebagai simbolis tongkat estafet kepanitiaan peringatan HUT Kemerdekaan RI di RW 13 Kelurahan Sawojajar.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

"Sebenarnya sebelum sejak 1 Agustus warga sudah melakukan serangkaian kegiatan, seperti pemasangan umbul-umbul bendera, penjor, mengecat jalan kemudian lampu-lampu hias di masing-masing RT. Lalu di 16 Agustus semua RT mengadakan barikan. Itu cukup ramai. Dan tanggal 20 di masing-masing RT melakukan kegiatan yang sama plus lomba-lomba," ujar Sukarno. 

Baca Juga : Berkolaborasi dengan 2 Universitas, FKIK UIN Malang Kembangkan Obat Herbal Antimalaria

Dirinya menilai, peringatan HUT ke-78 RI ini merupakan moment yang luar biasa, terlebih setelah melalui pahitnya era pandemi Covid-19 yang sangat memprihatinkan bagi bangsa Indonesia. Sebab, dengan segala pembatasan di era pandemi, seluruh masyarakat juga tak bisa secara leluasa mengekspresikan kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. 

Antusias warga RW 13 Kelurahan Sawojajar.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES)

"Sejak tahun lalu dan tahun ini sangat luar biasa. Semangat terlihat dari kepedulian dari masyarakat mulai kalangan muda dan senior semua hadir di acara ini. Mudah-mudahan Indonesia tidak terpecah rasa nasionalis NKRI harga mati, terus maju. Kemudian Indonesia menghadapi tahun politik, dimulai dari RW 13 yang kondusif. Perbedaan pilihan itu biasa," pungkas Sukarno. 


Topik

Hiburan, Seni dan Budaya Perayaan Kemerdekaan RI kemerdekaan RI Sawojajar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Sri Kurnia Mahiruni