Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

KPU Kota Batu Kirim 5 Nama Calon PAW, Ranking 6-10

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Aug - 2023, 10:04

Placeholder
Plt Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto bersama Mantan Ketua KPU Kota Batu Mardiono.

JATIMTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu kini tengah berada di tangan Pelaksana Tugas (plt) yakni Heru Joko Purwanto, pasca Ketua KPU Kota Batu Mardiono hengkang dari jabatannya. Namun siapa yang akan menjadi komisioner Pengganti Antar Waktu (PAW) di KPU Kota Batu tidak-lah mudah.

Meski nama-nama calon pengganti sesuai dengan rangking sudah ada, biasanya peserta seleksi calon KPU Kota Batu yang menempati ranking 6, yang berpotensi paling besar menjadi PAW. Yakni Muhammad Choirul Anwar.

Baca Juga : Bianglala Alun-Alun Batu Lama Tak Beroperasi, Pemkot Batu Uji Kelayakan Pakai

Hanya saja beberapa waktu lalu nama Muhammaf Choirul Anwar baru saja diterima sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Choirul bisa masuk asalkan melepas jabatannya menjadi PPPK.

“Keputusannya kembali pada sdr Muhammad Choirul Anwar sebagai ranking 6. Apakah mau bergabung dengan KPU namun harus melepas status PPPK yang sudah di tangan, ataupun sebaliknya,” ujar Plt Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto.

Jika nantinya Choirul melepas kesempatan menjadi komisioner KPU karena memilih menjadi PPPK, bukan berarti peserta seleksi di ranking 7 yakni M Rizal bisa menjadi pengganti. Sebab pada pemeriksaan awal yang dilakukan KPU Kota Batu, ternyata M Rizal juga telah menjadi anggota Panwascam dan telah melaksanakan tugas-tugas yang melekat sebagai Panwascam.

Meski demikian, KPU Kota Batu telah mengirim lima nama calon PAW untuk diasessment ke KPU Provinsi. Kelimanya adalah peserta seleksi yang menempati ranking 6- 10.

“Dan untuk sementara, jabatan Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data yang kosong akan dirangkap oleh Erfanuddin yang menjabat sebagai Komisioner Divisi Teknis,” tambah Heru.

Baca Juga : Ziya Putri Kiai Jalil Pondok PETA Nyaleg DPRD Jatim, Ingin Sejahterakan Petani dan Pedagang

Diketahui Divisi Perencanaan dan Data berada di tangan oleh Heru Joko Purwanto. Namun adanya kekosongan kursi Ketua KPU Kota Batu yang ditinggal Mardiono membuat Heru mendapat amanat untuk mengisi kekosongan tersebut.

Penunjukan Heru Joko Purwanto sebagai ketua dilakukan dalam Rapat Pleno KPU Kota Batu yang digelar Senin 21 Agustus 2023. Tugas dan fungsi sebagai Ketua KPU Kota Batu langsung dilakukan Heru sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Dan Heru bakal menjadi Ketua KPU Kota Batu definitif setelah mendapatkan Surat Keputusan (SK) penetapan dari KPU Provinsi Jatim.


Topik

Politik KPU kota batu kpu kota batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni