Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat di ruang sidang Balai Kota Malang. (Hunas Pemkot Malang for MalangTIMES)
Sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat di ruang sidang Balai Kota Malang. (Hunas Pemkot Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang berkomitmen melakukan perjanjian kerja sama terkait Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Komitmen menuju masyarakat sehat itu dilakukan bersama Kementerian Kesehatan dan DPR RI di ruang sidang Balai Kota Malang, Kamis (19/7/2018).

Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto menyampaikan, kesadaran di bidang kesehatan yang tinggi dapat dijadikan regulasi RPJMD dan menempatkannya sebagai misi pertama Kota Malang di bidang pendidikan dan kesehatan. 

"Saya berharap masyarakat Kota Malang tidak hanya fokus pada pendidikan saja, namun kesehatan juga harus diperhatikan. Sehingga keduanya dapat tercapai dengan baik," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima MalangTIMES.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr dr Asih Tri Rachmi Nuswantari menambahkan, kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat sehat memiliki dapat tersebar luas. Sehingga cita-cita untuk mewujudkan kota yang sehat dapat terwujud.. "Informasi untuk mewujudkan masyarakat lebih sadar akan kesehatan harus terus dilakukan," ungkapnya.

Di sisi lain, narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Dr Ario Baskoro MSC dan Ahmad Zainuddin Lc ME serta anggota Komisi IX DPR RI banyak membahas kebijakan pembangunan kesehatan (RPJMN Kesehatan tahun 2015-2019). Di antaranya meliputi penurunan kesehatan ibu dan anak, perbaikan gizi khususnya stunting (tumbuh kembang anak), pengendalian penyakit menular (HIV/AIDS, TBC dan malaria), serta pengendalian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes melitus, obesitas dan kanker). 

Acara dilanjutkan dengan melakukan penandatanganan komitmen bersama mendukung Germas oleh Ahmad Zainuddin sebagai anggota DPR RI Komisi IX, Ario Baskoro dari Kementerian Kesehatan RI, serta Sekkota Drs Wasto SH MH dan Asih Tri Rachmi Nuswantari mewakili Pemerintah Kota Malang serta organisasi terkait dalam bidang kesehatan. (*)