Gayung Bersambut, Bantuan 100 Ribu Benih Jeruk Unggulan Sempurnakan Bukit Jeruk

Jul 19, 2018 07:54
Berbagai sentuhan pemerintah terhadap petani jeruk akan semakin menguatkan Kabupaten Malang sebagai bukit jeruk. (Dalam foto) kiri Kadis TPHP Kabupaten Malang Budiar dan Bupati Malang Rendra Kresna di kebun jeruk Dau belum lama ini. (Nana/MalangTIMES)
Berbagai sentuhan pemerintah terhadap petani jeruk akan semakin menguatkan Kabupaten Malang sebagai bukit jeruk. (Dalam foto) kiri Kadis TPHP Kabupaten Malang Budiar dan Bupati Malang Rendra Kresna di kebun jeruk Dau belum lama ini. (Nana/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bantuan benih jeruk unggulan dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), Selasa (17/7/2018) lalu di Kota Batu. Serupa gayung bersambut dengan apa yang baru saja diresmikan oleh Bupati Malang, yaitu wisata petik jeruk. 

Baca Juga : Dana Perjalanan Dinas Dialihkan, Mampu Penuhi Sembako 525 Ribu KK di Kabupaten Malang

Gayung bersambut yang dimaksud tersebut, menurut Budiar Anwar Kepala DTPHP Kabupaten Malang yang menerima secara langsung benih jeruk unggulan sebanyak 25 ribu  dari total 100 ribu benih dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman adalah mengenai rencana kesinambungan tanaman jeruk yang berada di wilayah Kecamatan Dau. 

"Tentunya seperti gayung bersambut,  khususnya bagi para petani jeruk. Karena dengan bantuan dari Kementerian Pertanian tersebut,  akan sangat membantu petani jeruk. Sekaligus semakin memantapkan wisata petik jeruk dengan varietas berbeda," kata Budiar Anwar Kepala DTPHP Kabupaten Malang, Kamis (19/7/2018). 

Seperti diketahui,  Kabupaten Malang cukup lama dikenal sebagai bukit jeruk, khususnya di wilayah Dau. Julukan tersebut dikarenakan masyarakat di wilayah tersebut,  konsen dalam berbudi daya berbagai macam varietas jeruk sampai sekarang.

Bukan hanya sekadar untuk diperjualbelikan di pasaran pada umumnya saja. Tapi dikemas dalam balutan wisata petik jeruk yang telah memiliki nama. 

Dari sisi produksi,  gelontoran benih jeruk unggulan juga bisa membuat kuantitas produksi meningkat.

"Dengan bantuan ini kita optimistis produksi jeruk terus melimpah di Kabupaten Malang," ujar Budiar yang juga berharap bahwa produk-poduk perkebunan bisa terus meningkat produktivitasnya.

Secara kualitas,  produk perkebunan seperti jeruk di wilayah Dau,  tidak kalah dengan produk impor. Baik secara rasa maupun dalam pemasarannya. 

Mantan Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian Pemerintah Kabupaten Malang ini menyatakan,  produk jeruk  Dau secara kualitas telah terbukti menarik pasar buah-buahan segar. Baik di  dalam maupun luar daerah,  seperti Magetan, Ponorogo, Surabaya hingga wilayah Jawa Tengah. 

Dengan adanya bantuan Kementerian Pertanian,  Budiar berharap sektor perkebunan jeruk akan semakin baik ke depannya. 

Baca Juga : Ahmad Riza Patria Resmi Dilantik Wakil Gubernur Jakarta, Kerja Mulai Besok

Disinggung mengenai bantuan 100 ribu benih jeruk unggulan hasil Balitjestro, Budiar menyampaikan akan segera mendistribusikannya kepada 17 kelompok tani yang ada di Kabupaten Malang. Terutama di daerah penghasil jeruk, seperti Poncokusumo, Tumpang, dan Dau.

Dikesempatan berbeda,  Bupati Malang Dr H Rendra Kresna menegaskan,  pemerintah daerah akan selalu mendukung pengembangan budidaya jeruk.

"Jeruk sudah jadi salah satu tanaman unggulan di Kabupaten Malang. Tentunya kita memiliki kewajiban bersama untuk membangunnya," ujar Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur ini. 

Berbagai bantuan kepada petani jeruk pun kerap dilakukan. Dari pelatihan, bantuan peralatan berkebun jeruk dan lainnya.

"Dengan adanya bantuan pemerintah pusat melalui kementan tersebut, semakin membuktikan pemerintah peduli dengan sektor ini," imbuh Rendra 

Rendra juga terus mengampanyekan masyarakat untuk mencintai buah jeruk lokal.

"Bahkan jeruk kita dari rasanya maupun kesehatannya tidak kalah dengan  jeruk impor," pungkasnya yang berharap bukit jeruk Kabupaten Malang semakin sempurna dengan berbagai bantuan pemerintah. 

Topik
Bantuan 100 Ribu Benih JerukBalitjestroPemkab MalangBUPATI MALANGRendra Kresna

Berita Lainnya

Berita

Terbaru