50 Becak Antar Caleg PKB, Target 15 Kursi DPRD

Jul 17, 2018 16:03
Caleg PKB Kabupaten Malang mengendarai becak saat menuju kantor KPUD, Selasa (17/7/2018). (Nana)
Caleg PKB Kabupaten Malang mengendarai becak saat menuju kantor KPUD, Selasa (17/7/2018). (Nana)

MALANGTIMES - Ada yang unik dengan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang,  Selasa (17/7/2018). 

Seluruh bacaleg sejumlah 50 orang diberangkatkan dari kantor DPC PKB di Jalan Panglima Sudirman 77, Dilem,  Kepanjen, dengan mengendarai kendaraan tradisional berupa becak. Mereka menuju kantor KPU Kabupaten Malang di Jalan Panji,  Kepanjen. Iring-iringan 50 becak yang dihias kiri kanannya dengan bendera PKB itu cukup menyita perhatian masyarakat sekitar. 

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Sebelum seluruh caleg diberangkatkan,  Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang Muhammad Hamim Kholili menyatakan, dengan elektabilitas partainya yang semakin meningkat signifikan,  pihaknya optimistis mampu meraup 15 kursi DPRD pada Pileg 2018. Saat ini PKB meraih 8 kursi di DPRD Kabupaten Malang. 

"Target kami 15 kursi di Kabupaten Malang. Insya Allah tercapai dengan berbagai kemajuan partai. Baik kenaikan elektabilitas,  kondusivitas dengan NU, maupun para calon legislatif saat ini. Target ini menjadi realistis dengan kondisi perolehan kursi tahun lalu dan kondisi partai saat ini," kata dia, Selasa (17/7/2018). 

Gus Hamim,  sapaan ketua Dewan Syuro PKB,  juga menegaskan bahwa seluruh persyaratan yang ditentukan KPU telah dicukupi semuanya. Baik komposisi caleg perempuan yang di atas 40 persen dari persyaratan 30 persen maupun syarat administrasi lainnya. 

"Persiapan 100 persen. Sedangkan caleg dari incumbent ikut semua. Sisanya wajah baru dari berbagai kalangan dan kader terbaik kami" ujar Gus Hamim saat disinggung mengenai komposisi bacalegnya. 

Mengenai penggunaan becak sebagai kendaraan yang dinaiki 50 bacalegnya,  Gus Hamim mengatakan bahwa partainya berharap banyak nantinya seluruh caleg bisa merakyat dan bermanfaat bagi masyarakat kecil di Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

"Becak adalah simbol kendaraan masyarakat kecil. Jadi, dengan pemakaian becak membuktikan PKB adalah partainya rakyat. Sama dengan simbol busana yang kami pakai saat ini, yaitu batik. Ini menggambarkan kami cinta budaya Nusantara," imbuhnya. 

Pada kesempatan yang sama,  Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ali Ahmad menyatakan hal serupa. Selain target kursi di DPRD,  pihaknya juga mengincar kursi ketua DPRD serta jabatan bupati  nantinya. 

"Tentunya kalau target kami tercapai,  kursi ketua DPRD yang kami dapat. Selain nantinya jabatan bupati setelah periode Rendra Kresna," pungkas Ali. (*)

Topik
DPRD caleg PKB Parpol Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru