Outfit of the Day kenakan kain tenun ala influencer (foto: Instagram @nurulhikmahfebriany)
Outfit of the Day kenakan kain tenun ala influencer (foto: Instagram @nurulhikmahfebriany)

MALANGTIMES - Di jagad fashion, mengenakan kain tradisional dikategorikan bergaya etnik. Gaya berbusana ini berpengaruh kuat pada kurun waktu 1990-an dan awal tahun 2000. Desainer mode seperti Christian Lacroix, Dries Van Noten, John Galliano, Kenzo, Vivienne Tam, dan Yeohlee mengambil inspirasi mereka dari kain tradisional di Asia, Afrika, dan sebagian benua Amerika. 

Batik yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO barangkali umum kamu pakai di berbagai kesempatan. Untuk potret Outfit of the Day (OOTD) batik jadi pilihan gaya etnik kamu kan? Fashion gaya etnik sebenarnya bukan hanya batik lho. Influncer atau mereka yang berpengaruh di dunia mode tak jarang mengenakan ragam kain tradisional lain. Salah satunya adalah tenun. 

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Tenun sendiri merupakan teknik pembuatan kain tradisional. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan produksi tenun ialah Palembang. Selain itu, Jawa Barat juga dikenal memiliki tenun berkualitas. Tenun dibuat dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Kain tenun terbuat dari serat kayu, kapas, dan sutra. 

Meski Palembang dikenal akan kain tenun, sejarah mencatat tenun ada di berbagai tempat di nusantara. Tenun juga berkembang di Aceh. Di sana berkembang motif Bungong yang memuat petikan ayat suci Al-Quran. Kain tenun ini biasa digunakan menjadi selendang atau penutup kepala. Di Sumatera Utara, tenun disebut dengan nama ulos. Sementara di Sumatera Barat, tenun populer dengan istilah songket. Biasanya kain ditenun dengan benang emas. Songket dipakai saat upacara adat. 

Di Pulau Jawa tenun yang populer berasal dari daerah Garut, Sukabumi, dan Banten. Tenun khas suku Baduy di Banten punya ciri khas tersendiri. Proses pembuatannya cukup lama lantaran tenun memiliki motif yang rumit berupa garis warna-warni. Di Jawa Timur tepatnya daerah Tuban berkembang tenun corak Lokcan. Pengaruh Cina kuat pada motif tenun tersebut. Motif lain di daerah ini adalah flora dan fauna yang tersusun datar. 

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Sementara itu, influncer Nurul Hikmah Febriany tak ragu mengenakan tenun. Wanita berhijab ini memilih tenun warna merah dipadu rok hitam. Nurul mengenakan hijab segiempat warna hitam untuk melengkapi gaya OOTD nya itu. Nah, bagaimana dengan kamu? Mau gaya etnik pakai tenun enggak? (*)