Partai Golkar saat menyerahkan boks yang berisi berkas pendaftar kepada KPU Kota Batu di Kantor KPU Kota Batu, Senin (16/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Partai Golkar saat menyerahkan boks yang berisi berkas pendaftar kepada KPU Kota Batu di Kantor KPU Kota Batu, Senin (16/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Dua hari terakhir pendaftaran Pemilihan Legislatif (pileg) 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu baru empat Partai Politik (Parpol) yang mendaftarkan. Ke empat Parpol ini adalah Perindo, Golkar, Nasdem dan PKB.

“Iya pendaftaran Pileg 2019 ini pertama kali yang mendaftar dari partai Perindo pada Minggu (15/7/2018). Lalu dilanjutkan oleh Partai Golkar,” ungkap Rochani, Ketua KPU Kota Batu.

Pada Senin (16/7/2018) partai Golkar mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) sebanyak 30 orang. Hanya membutuhkan waktu 30 menit tim KPU Kota Batu mengecek kelengkapan persyaratan pendaftaran. 

“Secara kepartaian Perindo dan Golkar mendaftarkan  30 bacalegnya. Dan sejauh ini persyaratannya sudah sesuai,” imbuhnya saat ditemui di kantor KPU Kota Batu.

 

Diprediksi parpol lainnya akan mendaftarkan diri pada hari terakhir. Sebab akan dibuka hingga pukul 24.00. Karena bacaleg harus melengkapi persyaratan di Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Karena saat pendaftaran di KPU Kota Batu silon tetap akan kami cek. Karena ini penting,” ujar warga Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu ini.

Sementara itu, Didik Mahmud Ketua DPD Partai Golkar menjelaskan memilih mendaftarkan dua hari sebelum ditutupnya pendaftaran karena melihat kesiapan dari bacaleg. “Kami menunggu kesiapan dari bacaleg. Mempersiapkan persyaratan dengan matang,” kata Didik.

Ia menambahkan untuk Dapil 1 Kecamatan Batu ada 4 pria dan 3 perempuan bacaleg. Dapil 2 Kecamatan Batu ada 3 pria dan 4 perempuan bacaleg.

Lainnya di Dapil 3 Kecamatan Junrejo ada 4 pria dan 3 perempuan bacaleg. Dan Dapil 4 Kecamatan Bumiaji ada 5 pria dan 4 perempuan bacaleg.

“Antusiaanya tinggi, yang daftar diatas 40 orang, tapi kita seleksi 36. Namun secara kepartaian hanya 30 bacaleg sehingga sisanya 6 orang tidak bisa hingga tahap selanjutnya,” terangnya kepada BatuTIMES)