Tiga Tokoh Indonesia Ini Menguasai Banyak Bahasa, Siapa Mereka?

Jul 16, 2018 19:03
R.M.P Sosrokartono. (Foto: Wikipedia)
R.M.P Sosrokartono. (Foto: Wikipedia)

MALANGTIMES - Memiliki kemampuan berbahasa akan memudahkan untuk dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Bahasa Inggris sebagai bahasa universal kini masih perlu ditunjang dengan bahasa-bahasa lain. Di dunia ada cukup banyak poliglot atau orang yang menguasai lebih dari satu bahasa.

Indonesia pun punya tiga tokoh poliglot yang patut kita tiru kemampuannya. Mulai dari Bapak Proklamator Ir Soekarno hingga seorang remaja perempuan yang prestasinya gemilang. Berikut tiga sosok poliglot kebanggaan Indonesia.

1. R.M.P. Sosrokartono 


Putra Bupati Jepara satu ini adalah kakak kandung dari RA Kartini yang hidup pada tahun 1877 hingga 1952. Raden Mas Panji Sosrokartono ini menguasai setidaknya sebanyak 26 bahasa asing dan 10 bahasa daerah Indonesia.

Karena kebolehannya ini, dia pun sempat menjadi penerjemah berbagai media di Eropa dan Amerika Serikat. Bahkan, Sosrokartono pernah meliput Perang Dunia I. Setelah PD I selesai, ia kemudian menjadi ahli bahasa Kedubes Prancis di Den Haag dan penerjemah di kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Jenewa.

2. Gayatri Wailissa

 


Gayatri Wailissa pernah menjadi Duta ASEAN untuk Indonesia di bidang anak. Usianya yang masih belia, prestasi tersebut menjadi hal yang membanggakan bagi dirinya dan Indonesia. 

 

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Tak kurang 19 bahasa asing dikuasai gadis belia satu ini. Beberapa bahasa yang dikuasainya diantaranya bahasa Inggris, Italia, Spanyol, Belanda, Mandarin, Arab, Jerman, Perancis, Korea, Jepang, Rusia, dan India dikuasainya dengan baik dan fasih. Sayangnya, gadis asal Ambon ini wafat pada 2014 silam usai berolahraga. 

3. Bung Karno

Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno. (Foto: Google Image)
Bukan rahasia lagi jika Bapak Proklamator Indonesia fasih dalam berbahasa Belanda. Tidak hanya bahasa Belanda, empat bahasa lain pun dikuasainya dan mampu mengantarkan Bung Karno berdiplomasi secara baik dengan negara tetangga. Presiden pertama Indonesia ini mahir berbicara bahasa Inggris, Belanda, Jerman, dan Perancis.

Disamping empat bahasa tersebut, Bung Karno juga bisa berbahasa Jepang meski pasif dan sedikit berbahasa Spanyol. Tujuh bahasa daerah di Indonesia pun turut dikuasainya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru