Proses pendaftaran caleg parpol di KPU Kota Malang. (Pipit Anggraeni)

Proses pendaftaran caleg parpol di KPU Kota Malang. (Pipit Anggraeni)



MALANGTIMES - H-1 pendaftaran calon legislatif di Kota Malang, baru empat partai yang sudah mendaftarkan diri. Masing-masing Partai Berkarya yang mendaftar Minggu (15/7/2018) serta Partai Perindo, Nasdem, dan Golkar yang mendaftar Senin (16/7/2018) pagi dan siang.

Tiga partai -Perindo, Nasdem, Golkar- mengisi seratus persen kuota DPRD Kota Malang, yaitu 45 kursi. Hanya Partai Berkarya yang memilih tak mengisi sebanyak kursi dewan, melainkan hanya 36 kursi. 

Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi Ashari Husen menyampaikan, sampai pukul 15.00 WIB Senin (16/7/2018), tercatat baru empat partai yang menyerahkan berkas dan persyaratannya ke KPU. Berkarya dan Perindo dinyatakan sudah lengkap dalam verifikasi administrasi. "Untuk Nasdem dan Golkar masih berlangsung. Dan tadi pagi PAN konsultasi. PDIP kabarnyo sore ini juga akan konsultasi," katanya kepada wartawan.

Menurut Ashari, kemungkinan besar sebagian besar partai yang tersisa akan mendaftar pada Selasa (17/7/2018) besok. Sehingga, personel untuk memproses pendaftaran sudah ditambah sejak Senin (16/7/2018).

"Untuk antisipasi, lima tim kami siapkan. Karena masing-masing partai setidaknya membutuhkan waktu selama tiga jam untuk verifikasi administrasi," terangnya lagi.

Rata-rata partai yang belum mendaftarkan diri dikarenakan kekurangan berkas kesehatan. Dia pun mengimbau agar parpol tetap segera melakukan pendaftaran dan menyelesaikan kekurangannya pada masa tahap perbaikan 22 Juli sampai 31 Juli mendatang. "Karena jika sampai besok belum mendaftar, maka parpol yang bersangkutan kami anggap tak memenuhi kualifikasi," ujar Ashari.

Sementara itu, Ketua DPD Nasdem Kota Malang Hanan Djalil menyampaikan bahwa dirinya tak mendapat kesulitan sama sekali selama pemenuhan berkas pendaftaran. Total ada 45 kader yang didaftarkan dan 13 di antaranya merupakan perempuan.

Hal senda juga disampaikan Ketua DPC Golkar Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. Dia mengatakan, Golkar mendaftarkan 45 kader dari total 60 kader yang mendaftarkan diri ke pihak partai.  "Setelah diseleksi, maka terpilih 45 kader yang terpilih," pungkasnya. (*)

End of content

No more pages to load