Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Manfaatkan Teknologi, BPPT dan Pemkot Batu Hasilkan Kentang Unggul

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

15 - Jul - 2018, 21:07

Wali Kota Batu Dewanti Rumpko (kiri) saat memanen kentang teknologi ex-vitro di di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Minggu (15/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpko (kiri) saat memanen kentang teknologi ex-vitro di di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Minggu (15/7/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Batu sukses kembangkan kentang dengan teknologi ex-vitro. Hal itu ditandai dengan adanya panen dengan hasil kentang yang besar di lahan di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Minggu (15/7/2018)

Panen kentang unggul dengan teknologi ex-vitro ini dilakukan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Kepala BPPT Unggul Priyanto, Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono dan sebagainya. Kentang yang dipanen ini merupakan lahan miliki Djoni Suanedi seluas 2.500 meter.

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Teknologi ini merupakan inovasi mempermudah percepatan pembibitan. Teknologi ex-vitro adalah perbanyakan bibit sesuai dengan sifat induknya dengan cara yang lebih sederhana. 

Sebagian pembibitannya sudah mulai dikembangkan. Hasil dari panen ini nantinya tidak akan dikonsumsi melainkan untuk dikembangkan lagi menjadi benih. “Yang ini masih belum kita konsumsi, tetapi untuk dikembangkan lagi dijadikan benih,” ungkap Djoni Sunaedi, petani kentang 

Nantinya hasil dari pembenihan ini untuk kepentingan petani Desa Sumber Brantas. Kemudian nantinya hasil tersebut diperjual belikan untuk dikonsumsi. “Ini pengembangan pembenihan lagi, baru setelah ini bisa dikonsumsi,” imbuh pria yang juga Ketua Gabungan Kelompok Petani Sumber Jaya.

Baca Juga : Tips Aman Ambil Uang di Mesin ATM Saat Pandemi Covid-19

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, dengan kehadiran teknologi ex vitro BPPT ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Melalui kerja sama ini bisa menunjukkan keunggulan khususnya di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumaji, semakin berkualitas. Sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan petani kentang. “Alhamdulilah hasilnya maksimal, semoga kentang di sini terus unggul degan kualitas maksimal,” kata Dewanti


Topik

Ekonomi Badan-Pengkajian-dan-Penerapan-Teknologi pemkot-batu Dinas-Pertanian-dan-Kehutanan-Kota-Batu Panen-kentang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya