Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Polda Jatim Krisis Material SIM dan TNKB

Penulis : Ronny Wicaksono - Editor : Redaksi

11 - Aug - 2015, 20:40

Ilustrasi (foto: HaloPolisi)
Ilustrasi (foto: HaloPolisi)

MALANGTIMES - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur mengaku saat ini tengah mengalami kekurangan stok bahan material untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau pelat nomor kendaraan.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

"Krisis bahan material itu terjadi hampir di seluruh jajaran Polres di bawah wilayah hukum Polda Jatim," kata Kasubdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim AKBP Budi Mulyana SP di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin (10/8/2015).

Budi menambahkan jika krisis material TNKB itu sudah terjadi sejak Januari 2015 silam. Dan hingga Agustus 2015 ini, kekurangan material tersebut mencapai 1.056.217 pelat nomor untuk sepeda motor dan 177.071 pelat nomor untuk roda empat.

Namun ia juga menegaskan jika kekurangan material itu tak hanya dialami Polda Jatim, tetapi nyaris merata di seluruh Indonesia. Penyebabnya adalah pengadaan TNKB di Korlantas Polri yang memang belum tuntas sehingga menghambat distribusi.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Sebagai solusi, masyarakat yang mengurus pelat nomor (hitam) hanya mendapat bukti pengurusan dan surat keterangan. Namun ia menjamin surat tersebut bisa dipakai berkendara di jalan dan tak bakal ditilang oleh aparat.

Selain TNKB, kelangkaan juga terjadi untuk bahan material SIM. Kelangkaan terbesar terjadi di tujuh daerah yakni Ponorogo, Tulungagung, Ngawi, Sumenep, Bangkalan, Kabupaten Probolinggo dan Jombang. Ketujuh daerah itu akan jadi prioritas Polda dalam mencari solusinya. (*)


Topik

Peristiwa Ditlantas-Polda-Jawa-Timur


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ronny Wicaksono

Editor

Redaksi