Divisi Sosialisasi KPU Kota Malang Ashari Husen (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

Divisi Sosialisasi KPU Kota Malang Ashari Husen (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Pendaftaran calon legislatif dalam Pileg 2019 dibuka mulai hari ini, Kamis (4/7/2018). Sampai siang hari, belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan calonnya.

"Sampai detik ini memang belum ada satu pun partai yang mendaftar," kata Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi Ashari Husen pada MalangTIMES, Rabu (4/7/2018) siang.

Pendaftaran bakal calon legislator itu menurutnya berlangsung sampai 17 Juli mendatang. Para calon wajib memenuhi berbagai syarat mulai dari pemenuhan berkas seperti kesehatan, bebas narkoba, hingga bukti terdaftar sebagai pemilih tetap.

"Yang bersangkutan wajib masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerahnya masing-masing," tambah Ashari.

Syarat harus masuk dalam DPT itu menurutnya baru diberlakukan pada periode Pileg 2019. Para caleg yang akan mendaftar dapat mengurusnya melalui kelurahan atau datang langsung ke KPU.

Jika tidak terdaftar, maka akan dimasukkan dalam daftar pemilihan sesuai wilayah pemohon menggunakan KTP yang bersangkutan.

"Jadi seandainya yang mencalonkan orang luar kota, maka DPT bisa diperoleh dari daerah asalnya dan mendaftar tetap di KPU Kota Malang," jelasnya.

Sementara untuk anggota DPRD Kota Malang yang masih aktif duduk di kursi legislatif masih dapat kembali mencalonkan dirinya sesuai prosedur yang ditetapkan melalui partai politik.

Sedangkan calon yang berpindah partai dan akan kembali maju sebagai caleg wajib mengundurkan diri terlebih dulu sebagai anggota dewan.

"Aturan main sudah ditetapkan dan harus ada bukti mengundurkan diri dalam lampiran," jelasnya.

Lebih jauh Ashari menyampaikan jika dalam pileg tahun depan seluruh parpol dapat mendaftarkan kadernya sesuai jumlah kursi yang ada. Sedangkan partai yang dinyatakan lolos ada 16 parpol.

"Jadi jumlahnya nanti diperkirakan 720, 16 partai dikalikan 45 kursi," jelasnya lagi.

Daerah Pemilihan (Dapil) untuk DPRD Kota Malang sendiri ada lima yaitu Dapil 1 Kecamatan Klojen dengan jumlah enam kursi, dapil 2 Kecamatan Blimbing total 9 kursi, Dapil 3 Kecamatan Kedungkandang 10 kursi, dapil 4 Kecamatan Sukun 10 kursi, dan dapil 5 Kecamatan Lowokwaru sebanyak 10 kursi.

 

End of content

No more pages to load