Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Penumpang KA di Stasiun Blitar Membludak, Efek Hari Pertama Pemberlakuan Perubahan Gapeka 2023

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

01 - Jun - 2023, 16:28

Suasana padatnya Stasiun Blitar sebagai stasiun transit usai diberlakukan perubahan Gapeka 2023 (foto: Twitter)
Suasana padatnya Stasiun Blitar sebagai stasiun transit usai diberlakukan perubahan Gapeka 2023 (foto: Twitter)

JATIMTIMES - Stasiun Blitar menjadi stasiun transit bagi penumpang kereta api lokal usai ada perubahan grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2023 mulai hari ini, Kamis (1/6/2023). 

Salah satu netizen pun membagikan kondisi di Stasiun Blitar di hari pertama diberlakukannya perubahan Gapeka. Dalam cuitan akun Twitter @rayamurni atau modal banter mengeluhkan suasana di Stasiun Blitar kacau. 

Baca Juga : Percobaan Pemerkosaan Mahasiswi UM, Ini Penjelasan Rektor

"Hari pertama pemberlakuan sistem KA lokal transit di STASIUN BLITAR Hasilnya chaos dan petugas kurang responsive," cuit akun tersebut. 

Kacaunya penumpang di Stasiun Blitar tersebut diduga lantaran kurangnya informasi terkait perubahan Gapeka. "Tolong dong @KAI121 @CommuterLine . Kasian penumpang yang kurang edukasi dan lansia masih bingung dan kurang informasi atas sistem transitan seperti ini," pinta akun tersebut. 

Dalam video yang dibagikan tampak Stasiun Blitar dipenuhi dengan penumpang yang menunggu kereta. Bahkan terlihat beberapa orang berada di atas peron stasiun tanpa ada pagar pembatas. Ada juga beberapa orang yang berlalu-lalang di rel kereta api melewati peron stasiun tinggi. 

Sontak cuitan akun tersebut menuai beragam komentar dari warganet. Tak sedikit warganet yang menilai petugas kurang tanggap. "Peron dan model kereta biasa, tapi dengan sistem yang berkiblat ke KRL commuterline ibukota. Ngalamat semoga ngga ruwet aja kedepannya," @masjalu_**. 

"Kenapa sii mereka2 ini kalo bkin peraturan baru jarang bgt mkirin lansia dan difabel? Heran akutu.. semua2 cuma di share di sosmed yg g smua orang tu setiap saat buka sosmed..," @dududsya****. 

"Wkwkwk. Ya pasti chaos lah. Baru duduk saknyet udh d suruh turun buat pindah kereta. Hahaha. Entah apa yang jadi pertimbangan kebijakan ini," @fahmifah**. 

Baca Juga : Arema FC Bocorkan Jersey Terbaru untuk Kompetisi Musim 2023/2024

"Kocak wkwk pola KRL diterapin di kereta lokal yg pintunya cuman2 diujung sama peronnya rendah wkwk," @shirois**. 

"Sebenernya urgensi dalam perubahan pola pelayanan transit apa sih ?? Apalagi belum ada contoh salah satu terlambat apakah kereta transitannya akan menunggu atau lanjut sesuai jadwal ?? Apalagi belum lagi service pelayanan penumpang ka terlambat gimana ??," @rayamurni.

Sebelumnya, ada dua perjalanan KA lokal dati Blitar ke Surabaya lewat Malang dan dari Blitar ke Surabaya lewat Kertosono. Jadi Stasiun Blitar seperti stasiun transit.  Jika sebelumnya kereta lokal putar via Malang kemudian ke Kertosono balik ke Surabaya. Lantas sekarang tidak, jadi penumpang KA lokal dimungkinkan berpindah kereta api saat di Stasiun Blitar.

"Perubahan pola operasi Commuter Line Penataran dan Commuter Line Dhoho ini ke depannya bertujuan untuk meningkatkan frekuensi perjalanan yang sejalan dengan pembangunan double track Mojokerto-Sepanjang," tulis cuit akun @CommuterLine. 


Topik

Peristiwa stasiun ka blitar gapeka 2023 warganet


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana