Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Percobaan Pemerkosaan Mahasiswi UM, Ini Penjelasan Rektor

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

01 - Jun - 2023, 16:23

Ilustrasi percobaan pemerkosaan (foto: istimewa)
Ilustrasi percobaan pemerkosaan (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Hariyono MPd angkat bicara ihwal kasus percobaan pemerkosaan yang mencatut nama kampus yang dipimpinnya. Ia membenarkan bahwa mahasiswi tersebut masih aktif di UM dan bertugas sebagai panitia wisuda yang digelar Senin (29/5/2023).

Prof Hariyono mengaku bahwa korban percobaan pemerkosaan itu memang benar mahasiswi UM. “Iya itu mahasiswa UM,” kata Hariyono melalui sambungan telepon, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga : Hari Lahir Pancasila 2023, Bupati Sanusi Serahkan Penghargaan Satyalancana untuk Pegawai

Hariyono pun memastikan bahwa percobaan pemerkosaan itu terjadi di luar kampus UM. Karena berdasarkan informasi yang masuk, korban saat itu sedang menuju Graha Cakrawala UM.

“Kejadiannya di luar kampus, kan dia mau ke kampus sebagai panitia untuk bantu acara wisuda di UM,” ungkap Hariyono.

Namun dijelaskan Hariyono, saat itu korban telah berhasil melawan dan menggagalkan aksi percobaan pemerkosaan. Dan saat ini, Hariyono memastikan bahwa korban sudah mendapat pendampingan intensif dari pihak kampus.

“Selaku rektor, saya sudah menginstruksikan bahwa mahasiswa harus didampingi. UM harus hadir ketika ada warga UM yang kena masalah. Apalagi yang bersangkutan menjadi korban,” tutur Hariyono.

Dalam hal ini, Hariyono mengaku bersedih karena peristiwa nahas menimpa mahasiswinya. Namun ia juga mengapresiasi korban karena berani melawan dan menggagalkan aksi percobaan pemerkosaan itu.

”Saya minta dia juga diberikan apresiasi, jadi anak kami yang berani melawan calon pemerkosanya itu juga sebuah sisi kebajikan. Karena sebagai seorang perempuan berani bertindak untuk tidak tunduk pada orang orang yang tidak bertanggungjawab,” ungkap Hariyono.

Baca Juga : Akan Ikuti Kegiatan Wisuda, Mahasiswi UM Nyaris Jadi Korban Perkosaan

“Itu yang harus menjadi inspirasi untuk siapa saja supaya ketika ada orang yang mau bertindak (kejahatan), itu (korban) berani melawan dan tidak menyerah,” imbuhnya.

Saat ini Hariyono mengaku bahwa peristiwa tersebut telah dilaporkan kepada polisi dalam hal ini Polresta Malang Kota. Ia berharap agar kasus itu segera terungkap siapa pelakunya.

“Kami berharap aparat penegak hukum segera bisa menangkap orang yang bersangkutan (pelaku) dan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” tandas Hariyono.


Topik

Hukum dan Kriminalitas universitas negeri malang rektor um percobaan pemerkosaan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana