Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Rambut Beruban? Terlarang untuk Diwarnai dengan Warna Ini

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

29 - May - 2023, 10:06

Ilustrasi mewarnai rambut uban.(pixabay)
Ilustrasi mewarnai rambut uban.(pixabay)

JATIMTIMES - Bertambahnya usia manusia juga berimbas pada kondisi fisik dan rambut. Rambut akan berangsur memutih seiring usia yang menua. 

Namun, meski hal ini merupakan takdir Tuhan, banyak orang yang kemudian enggan jika rambutnya memutih. Mereka memilih untuk mengecat rambutnya dengan warna hitam agar seperti semula.

Baca Juga : Vakum 3 Tahun, UIN Maliki Malang Kembali Gelar Program English Exposure

Lantas, seperti apa hukumnya menyemir rambut dalam Islam? Simak penjelasannya yang dioalah dari IslamPos.

Sebuah hadis riwayat Bukhari 3275 dan Muslim 80 dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang-orang Yahudi dan Nasrani itu tidak menyemir uban. Oleh karena itu selisihilah mereka".

Seseorang yang melakukannya (mewarnai rambut degan warna hitam), berarti menyembunyikan ciptaan Allah dan berbangga dengan keadaan yang tidak sebenarnya. Hal tersebut mengandung perbuatan dusta atau menipu.

Rasulullah SAW men-sunah-kan mewarnai rambut dengan warna selain hitam. Rasulullah pada Fathu Makkah ketika melihat Abu Quhafah, ayah Abu Bakr ash-Shiddiq RA, telah memutih seluruh rambutnya dan janggutnya, bersabda, “Ubahlah warna rambut ini dan jauhilah warna hitam". Hadis ini merupakan riwayat dari  Imam Muslim dalam Kitabul Libaas bab “Istihbab Khidlabisy Syaib".

Menurut Asy-Syaikh Shalih Fauzan al-Fauzan hafidhahullah dalam kitab  al-Mu’minat halaman 30-31, beliau menukil ucapan Imam Nawawi rahimahullahu yang ada dalam al-Majmu’ (I/324), bahwa  baik kaum laki-laki maupun perempuan sama-sama dilarang untuk menyemir rambut dengan warna hitam.

Baca Juga : Hukum Merokok Menurut 4 Madzhab

Hadis yang dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan Abi Dawud 3548, Rasulullah SAW bersabda, "Akan ada suatu kaum pada akhir zaman yang menyemir rambutnya dengan warna hitam seperti dada-dada burung merpati. Mereka tidak akan mendapati bau surga". 

Asy-Syaikh ‘Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rohimahulloh pernah ditanya tentang seorang wanita yang diperintahkan oleh suaminya untuk mengubah warnah rambutnya menjadi warna pirang atau hitam. Beliau kemudian menjawab, jika mengubah rambut dengan warna hitam tidak lagi diperbolehkan. Namun jika mengubahnya dengan warna yang lain, hal ini dibolehkan dan tidak menjadi persoalan.

 


Topik

Agama Uban rambut uban menyemir rambut hukum Islam


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy