Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

800 Pohon Tanjung Siap Ditanam, Dinas PU Bina Marga Percantik Ibu Kota

Penulis : dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

02 - Jul - 2018, 19:45

Bupati Malang Rendra Kresna selalu mengawal program penanaman pohon di wilayahnya. Hal ini pula yang akan ditindaklanjuti oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang untuk mempercantik Kepanjen dengan penanaman 800 pohon tanjung (Foto: dok MalangTIMES)
Bupati Malang Rendra Kresna selalu mengawal program penanaman pohon di wilayahnya. Hal ini pula yang akan ditindaklanjuti oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang untuk mempercantik Kepanjen dengan penanaman 800 pohon tanjung (Foto: dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang siap mempercantik kawasan ibu kota dengan melakukan perencanaan penanaman pohon tanjung sejumlah 800 di berbagai lokasi strategis di Kepanjen. 

Baca Juga : Turut Terdampak Covid-19, Pembangunan Rest Area Terminal Madyopuro Ditunda

Penanaman 800 pohon tanjung tersebut direncanakan akan dilaksanakan setelah Perubahan Anggaran Kegiatan (PAK). Hal ini disampaikan oleh Heri Soejadi Kepala Bidang Fasilitas Jalan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang dalam rapat koordinasi program peremajaan pohon. 

"Dalam PAK kita memang mengusulkan dua paket program peremajaan pohon. Total pohon yang akan ditanam sejumlah 800 pohon dan direncanakan akan ditanam di berbagai perempatan jalan di Kepanjen," kata Heri kepada MalangTIMES,  Senin (2/7/2018). 

Peremajaan pohon yang akan dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang sebagai bentuk untuk mewujudkan konsep green and clean dan menguatkan salah satu program strategis yaitu lingkungan hidup. 

Heri melanjutkan, selain konsep tersebut pihaknya juga berupaya untuk meminimalisir timbulnya korban dikarenakan keberadaan pohon-pohon tua yang tumbang. 

"Banyak pohon di Kepanjen yang berusia sudah tua. Tentunya ini rawan tumbang,  dan bisa mencelakakan masyarakat banyak. Seperti yang terjadi beberapa tahun lalu dan kemarin," ujarnya. 

Melalui peremajaan pohon inilah seluruh tujuan akan digapai oleh PU Bina Marga yang bukan sekedar memperbaiki jalan maupun jembatan saja. Tapi juga untuk ikut serta mewujudkan tata ruang yang estetis atau indah. 

Keindahan Kepanjen tentunya menjadi penting. Dikarenakan Kepanjen sebagai ibu kota Kabupaten Malang merupakan barometer dari Bhumi Arema itu sendiri. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

"Estetika tentunya menjadi tujuan kita juga, selain untuk lingkungan hidup dan keselamatan masyarakat juga. Ini yang kita coba realisasikan nantinya," ujar Heri. 

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, pihak PU Bina Marga Kabupaten Malang menggandeng berbagai komunitas yang ada. Baik di sekitar Kepanjen maupun organisasi lingkungan hidup, seperti Walhi, Komunitas Arek Kepanjen dan lainnya. 

Ditingkat kedinasan pun Dinas PU Bina Marga Kabupaten Marga bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Muspika Kepanjen serta pemerintahan desa. 

Heri menyampaikan berbagai sinergitas dengan seluruh pihak terkait dalam upaya merealisasikan program peremajaan pohon di ibu kota Kabupaten Malang. 

"Ini agar program  berjalan sukses dan membuat tujuan pemerintahan Kabupaten Malang tercapai untuk kepentingan masyarakat," pungkas Heri. 


Topik

Pemerintahan Dinas-Pekerjaan-Umum-Bina-Marg- Kabupaten-Malang Bupati-Malang-Rendra-Kresna perencanaan-penanaman-pohon-tanjung


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus