Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Tips Memilih Kontraktor Untuk Membangun Rumah Anda

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Redaksi

21 - May - 2023, 08:08

Ilustrasi Pengerjaan Proyekan (Foto: Anggara Sudiangko/JatimTIMES).
Ilustrasi Pengerjaan Proyekan (Foto: Anggara Sudiangko/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Membangun rumah adalah pekerjaan besar, dan penting untuk memilih kontraktor yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Anda tentu tidak ingin salah memilih kontraktor sehingga merugikan Anda. Oleh karena itu, sebelum memilih kontraktor, pastikan Anda melakukan penelitian terlebih dahulu.

Periksa referensi, kualifikasi, dan pengalaman kontraktor tersebut. Jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang yang telah menggunakan jasa kontraktor tersebut sebelumnya. Dengan memilih kontraktor yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa rumah Anda dibangun dengan kualitas & bujet yang tepat.

Baca Juga : Wali Kota Kediri Ajak Sinergi Koperasi Berikan Pendampingan UMKM

 

Berikut beberapa tips lebih detail memilih kontraktor untuk membangun rumah Anda:

Dapatkan referensi dari teman, keluarga, dan tetangga. Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang Anda percayai yang baru saja membangun rumahnya. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai pencarian Anda akan kontraktor.

Lakukan penelitian Anda. Setelah Anda memiliki beberapa nama kontraktor, luangkan waktu untuk menelitinya secara online dan secara langsung. Periksa situs web mereka untuk ulasan dan testimonial, dan tanyakan apakah ada orang yang Anda kenal pernah bekerja dengan mereka sebelumnya.

Dapatkan perkiraan dari beberapa kontraktor. Setelah Anda mempersempit daftar kontraktor, dapatkan perkiraan dari masing-masing kontraktor. Pastikan untuk mendapatkan semuanya secara tertulis, termasuk ruang lingkup pekerjaan, garis waktu, dan biaya.

Wawancarai para kontraktor. Setelah Anda memiliki perkiraan dari beberapa kontraktor, saatnya untuk mewawancarai mereka. Ini adalah kesempatan Anda untuk mengajukan pertanyaan dan merasakan kepribadian dan etos kerja mereka.

Pilih kontraktor yang tepat untuk Anda. Setelah Anda mewawancarai kontraktor, saatnya membuat keputusan. Pilih kontraktor yang menurut Anda paling nyaman dan yang menurut Anda akan melakukan pekerjaan terbaik.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk memilih kontraktor:

Pastikan kontraktor mengenal wilayah setempat, kontraktor lokal sering kali adalah pilihan lebih baik.

Jadi misalnya Anda membangun di kota Malang, jauh lebih baik untuk mempekerjakan kontraktor Malang ketimbang dari luar kota.

Buat semuanya secara tertulis, termasuk ruang lingkup pekerjaan, garis waktu, dan biaya.

Pastikan untuk bertanya tentang persyaratan pembayaran kontraktor, DP, termin, garansi, sampai penyelesaian finishing.

Menginspeksi pekerjaan kontraktor secara teratur.

Jangan takut untuk bertanya bila masih ada hal yang dirasa kurang jelas, atau menurut Anda di luar kesepakatan yang ada.

Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa memperbesar peluang untuk memilih kontraktor yang akan membangun rumah impian Anda.

Baca Juga : Begawan Spaccio, Ruko Premium dengan Banyak Keunggulan dan Lokasi Strategis di Kota Malang 

 

Berikut adalah beberapa hal tambahan yang perlu dipertimbangkan saat memilih kontraktor:

Pengalaman kontraktor. Sudah berapa lama mereka berada di bisnis ini? Jenis proyek apa yang telah mereka kerjakan?

Referensi Kontraktor. Dapatkan informasi kontak untuk klien sebelumnya dan tanyakan tentang pengalaman mereka bekerja dengan kontraktor.

Reputasi kontraktor. Periksa dengan Better Business Bureau dan sumber online lainnya untuk mengetahui apakah ada keluhan terhadap kontraktor.

Kepribadian kontraktor. Apakah Anda merasa nyaman bekerja dengan orang ini? Apakah mereka responsif terhadap pertanyaan dan kekhawatiran Anda?

Beberapa contoh kerugian yang bisa dihindari dengan memilih kontraktor yang tepat.

Dengan memilih kontraktor yang tepat, Anda dapat menghindari kerugian seperti penyelesaian proyek yang lambat, biaya yang tidak terduga, kualitas pekerjaan yang buruk, dan ketidakpuasan pelanggan. Dengan melakukan pengecekan referensi, reputasi, dan kepribadian kontraktor, Anda dapat memastikan bahwa Anda bekerja dengan seseorang yang dapat dipercaya dan mampu memberikan hasil kerja yang memuaskan.

Selain itu, Anda juga dapat menghindari masalah hukum dan keuangan yang mungkin timbul akibat kerja sama dengan kontraktor yang tidak profesional. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih kontraktor yang tepat dan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum memulai proyek renovasi atau pembangunan rumah.

Membangun rumah adalah keputusan besar, tetapi tidak harus membuat stres. Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa memilih kontraktor yang akan membantu Anda membangun rumah impian Anda.


Topik

Ekonomi kontraktor tips memilih kontraktor kontraktor malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Redaksi