Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Ini Alasan Polisi Jaksel Kembali Lakukan Tilang Manual

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

15 - May - 2023, 20:11

Oknum yang kerap gunakan pelat nomor palsu di Jaksel. (Foto dari detikcom)
Oknum yang kerap gunakan pelat nomor palsu di Jaksel. (Foto dari detikcom)

JATIMTIMES - Satlantas Wilayah Jakarta Selatan menindak kendaraan yang memakai pelat pelat dinas TNI hingga pelat 'RF' bodong. Tindakan itu dilakukan polisi di wilayah Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Akibat dari aksi itu, polisi secara terpaksa harus memberlakukan tilang manual kepada para pengendara itu.

Baca Juga : Oknum Polisi yang Senjatanya Meletus dan Mengenai Warga Gunungkidul hingga Tewas Diamankan Polda DIY

"Pengemudi ditilang," kata Kasat Lantas Polres Jaksel Kompol Bayu Marfiando saat dihubungi, Senin (15/5/2023).

Bayu kemudian mengungkap jika dalam penindakan hari ini, ada total delapan kendaraan yang mengganti pelatnya menjadi pelat palsu.

Aksi itu juga dilakukan oleh mobil Toyota Vellfire yang mengganti pelat kendaraannya menjadi pelat 'RF'. Tak hanya itu saja, mobil Pajero juga menggunakan pelat dinas TNI bodong.

"Hari ini total ada 8 kendaraan. Delapan kendaraan yang pelanggaran nopol," ujarnya.

Penindakan itu kata Bayu bukanlah tindak razia, namun saat anggota melakukan pengaturan lalu lintas. Saat itu anggota melihat adanya beberapa pelanggaran yang dilakukan para pengemudi. Anggota pun, lanjut Bayu, melakukan peneguran.

Lebih jauh, Bayu menjelaskan tidak semua pelanggaran dilakukan penilangan. Pihak kepolisian hanya melakukan penilangan terhadap pelanggaran tertentu, termasuk mengganti pelat palsu dan melawan arah.

Baca Juga : Dispendukcapil Blitar Terjunkan Si Jaran Ijo ke Desa Jiwut, Rekam e-KTP 20 Warga Rentan dan ODGJ

Selain itu, penindakan dilakukan di lokasi yang tidak terpantau kamera e-TLE.

"Nggak razia, penindakan dilakukan terhadap pelanggaran kasat mata, termasuk pelat nomor khusus tersebut. Dan nggak semua pelanggaran kami tilang. Ada juga yang hanya ditegur," katanya.

"Yang kami tilang hanya pelanggaran yang fatal seperti lawan arus, helm, jalur busway, plat khusus dan lain-lain yang dianggap fatal dan rawan kecelakaan. Lokasi penindakannya juga di jalur yang tidak ada kamera e-TLE-nya," lanjutnya.


Topik

Serba Serbi Tilang manual jakarta Selatan tialang elektronik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya