Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Antisipasi PKM Ternak Kembali Terjadi, Ini Kata Neni Viantin DM Anggota DPRD Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

13 - May - 2023, 20:23

Neni Viantin DM, Anggota DPRD Banyuwangi Asal PKS saat menemui warga di kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi (Istimewa)
Neni Viantin DM, Anggota DPRD Banyuwangi Asal PKS saat menemui warga di kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES – Untuk menjamin tidak terulangnya penyakit kuku dan mulut (PKM) pada ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui lembaga/instansi yang membidangi diharapkan melakukan antisipasi dini. Pasalnya, PMK ternak telah membuat kerugian besar pada peternak.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Banyuwangi asal Partai Keadiandan Sejahtera (PKS) Neni Viantin Diah Martiva. "Hal ini membuat para peternak itu akhirnya semakin terpuruk dalam menekuni usaha mereka. Upaya dan kerja keras untuk mendapatkan rezeki dari ternak yang sudah mereka pelihara berbulan-bulan bahkan mungkin ada yang berapa tahun itu, tidak mereka dapatkan,” jelas politisi asal Madiun di rumahnya, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga : Roy Marten hingga Mpok Atiek Deklarasikan Dukungan ke Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024

Untuk itu, lanjutnya, pada hari Idul Adha yang akan datang pihaknya sangat mengharapkan kerjasama dari semua pihak terutama pemerintah selaku pengambil kebijakan dan juga punya tim khusus yang bisa sejak dini mengantisipasi kemungkinan datangnya musibah tersebut.

Menurutnya, pihak legislatif sangat berharap agar musibah yang menimpa hewan ternak ini tidak terjadi di tahun ini. “Sehingga kita bisa menikmati bulan Idul Adha itu dengan bersama-sama tidak mengalami kegelisahan. Para peternakpun tidak terbayangi kegelisahan bagaimana mereka disibukan mengobati ternak piaraannya. Umat Islam yang mau kurban itu juga tidak bingung lagi nanti hewan yang dibeli itu mengandung penyakit itu apa enggak,” tambah Neni.

Termasuk bagi masyarakat yang mendapatkan bagian daging kurban pada saat memakan daging korban itu juga tidak gelisah dan khawatir karena hewan yang sudah disembelih ini juga ternyata pengidap penyakit.

“Jadi kami sangat mengharapkan pemerintah melalui pihak-pihak yang terkait untuk menghadapi hari raya qurban ini bersama-sama bagaimana mengantisipasi agar musibah ini tidak terjadi kembali,” imbuh Neni.

Untuk itu semua elemen diharapkan mampu bekerjasama utamanya Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi yang menjadi ujung tombak untuk pencegahan dan penanggulangan PKM. Serta berharap musibah terhadap hewan ternak tidak terjadi lagi di Banyuwangi khususnya dan Indonesia pada umumnya pada tahun ini.

Pihaknya berharap pemerintah apabila menemukan dan melihat ada gejala segera antisipatif atau bergerak secara cepat dan tepat. Di sisi lain dewan juga akan berprasangka baik musibah tersebut tidak akan terjadi, Tetapi satu sisi yang lain ada juga kemungkinan virus atau PKM pada hewan itu akan datang.

Baca Juga : KPU Banyuwangi Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacaleg PKB, Ini Penyebabnya

“Nah seandainya memang ada tanda-tanda ya mohon segera dilakukan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana ketika hal itu benar-benar terjadi. Harus ada langkah-langkah solutifnya seperti apa,” tambah Neni.

Sehingga dalam ini petugas kesehatan hewan di lapangan bisa mengedukasi masyarakat agar ketika musibah itu benar-benar terjadi mereka tetap tenang dan tidak panik . Sehingga akhirnya hewan ternak yang terkena PKM bisa tertangani.

“Mereka terkadang karena tidak tahu harus bagaimana dan berupaya mencari obat sendiri akhirnya tidak jarang hewan ternaknya mati terpapar karena tidak tahu cara mengobatinya,” pungkas Neni.


Topik

Pemerintahan pmk ternak dprd banyuwangi neni viantin


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana