Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

34 Persen Kuota Caleg PKS Jatim Diisi Kalangan Milenial, Irwan: Mereka Subyek Bukan Obyek

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

12 - May - 2023, 19:09

Pendaftaran Caleg PKS Provinsi Jawa Timur
Pendaftaran Caleg PKS Provinsi Jawa Timur

JATIMTIMES - Suasana pendaftaran calon anggota legeslatif (caleg) DPRD dari PKS Jatim di KPU semarak, Jum'at (12/5/2023). Pengurus DPW PKS Jatim dan 120 caleg diantar rombongan milenial, emak-emak dan komunitas ojek online. 

Sekitar 150 peserta pengantar mulai melakukan pawai dengan berjalan kaki dari halaman Gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Surabaya menuju kantor KPU Jawa Timur yang ada di Jalan Raya Tenggilis No 1-3 Surabaya. 

Baca Juga : Kuota Haji Jatim Bakal Bertambah 1.272, Gubernur Khofifah, Alhamdulillah Bisa Kurangi Antrean Panjang Haji di Jatim

Dalam pawainya, pengurus PKS menggunakan beragam pakaian adat Jawa Timuran. Sementara emak-emak yang hadir berkebaya. "Emak-emak yang bergabung, ada pengurus PKS di DPC, ada juga masyarakat yang memang ingin bergabung untuk mengantar caleg. Mereka merasa dekat dengan caleg,-caleg kita," jelas Ketua DPW PKS Jatim Irwan. 

Irwan mengaku, selama ini memang banyak program yang menyasar ke perempuan. "Melalui program Rumah Keluarga Indonesia, banyak program pendampingan dan pemberdayaan untuk perempuan. Alhamdulillah, kini banyak perempuan yang ingin berjuang bersama," ujar alumnus Universitas Airlangga itu. 

Sementara milenial dan Gen Z yang datang merupakan pengurus sayap organisasi kepemudaan PKS Jatim, seperti Gema Keadilan, Garuda Keadilan, dan PKS Muda. "Ada 34 persen caleg PKS yang berasal dari generasi milineal dan Gen Z. Pantas saja jika mereka ini mengantar teman-temannya yang akan berjuang untuk negeri ini," tegasnya. 

Menurut Irwan, PKS memang memberi ruang dan kesempatan untuk generasi milenial dan Gen Z untuk turut berjuang untuk Indonesia, khususnya di Jawa Timur melalui PKS. 

"Di PKS, generasi milenial dan Gen Z adalah subyek bukan obyek. Mungkin karena inilah mereka banyak bergabung dan siap berjuang bersama PKS," tegas Irwan.

Baca Juga : Rutin Majelis Qur'an Binnadhor, Cara NasDem Jatim Sukses Bersama Anies

Dalam sambutannya di KPU, Irwan berjanji akan berjuang lebih keras untuk mendapatkan kursi lebih banyak di tahun 2024. Sepanjang jalan, pawai mengantar caleg DPRD Jatim dari PKS juga diramaikan dengan lantunan musik dari seniman patrol, sementara lantunan sholawat dari tim hadrah menyambut kedatangan para caleg di KPU. Rombongan pawai diakhiri dengan puluhan pengemudi ojek online yang turut mengantar para calon anggota DPRD Jawa Timur ke kantor KPU Jatim. 

Dalam pemilu 2024 kelak, PKS Jawa Timur menargetkan memperoleh 15 persen kursi dari seluruh kursi di Jawa Timur atau sekitar 18 kursi. Dari 120 caleg yang didaftarkan, sebanyak 37 persen atau sebanyak 44 caleg perempuan dan 34 persen caleg dari generasi milenial dan Gen Z, atau sebanyak 41 orang.


Topik

Politik pks jatim caleg pks jatim generasi milenial


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana