Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

3 Keutamaan yang Akan Didapat karena Menutupi Aib Saudaranya 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - May - 2023, 10:44

Ilustrasi orang-orang yang menutupi aib saudaranya (pixabay)
Ilustrasi orang-orang yang menutupi aib saudaranya (pixabay)

JATIMTIMES - Setiap manusia pastinya mempunyai sebuah kesalahan atau bahkan sebuah aib. Aib itu terkadang juga diketahui orang lain. Tentang hal tersebut, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk tidak membuka aib. 

Ada keutamaan menutup aib orang lain. 3 keutamaan bisa didapatkan bagi mereka yang menutup aib saudaranya sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits. 

Baca Juga : Seorang Dosen Muhammadiyah Surabaya Diduga Lakukan Pelecehan Seksual, Kasus Ditutupi Hingga Saat ini

Keutamaan yang pertama adalah, Allah akan menutup aib mereka di hari kiamat. Hadist riwayat Muslim, "Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak" (HR. Muslim)

Hadist lainnya juga menegaskan hal serupa, "Barangsiapa menutupi (aib) saudaranya sesama muslim di dunia, Allah menutupi (aib) nya pada hari kiamat" (HR Ahmad).

Sebaliknya, Allah juga akan memberikan balasan terhadap umat yang membuka dan mengumbar aib saudaranya, maka Allah akan mengumbar aibnya maupun aib rumah tangganya.

Hadist riwayat Ibnu Majah menegaskan hal tersebut, "Barang siapa yang menutupi aib saudaranya muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan barang siapa mengumbar aib saudaranya muslim, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya".

Keutamaan kedua adalah, Allah akan menutupi aibnya di dunia. 

Hadist riwayat Tirmidzi, menegaskan apa yang dijanjikan Allah untuk mereka yang menutup aib saudaranya. 
"Barangsiapa yang meringankan (menghilangkan) kesulitan seorang muslim kesulitan-kesulitan duniawi, maka Allah akan meringankan (menghilangkan) baginya kesulitan di akhirat kelak. Barangsiapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang mengalami kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan baginya kemudahan (urusan) di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selalu ia menolong saudaranya". 

Begitupun hadist riwayat Ibnu Majah, menjelaskan hal tersebut, "Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat". 

Baca Juga : CJH Kota Batu Jalani Manasik Haji, Diwanti-wanti Tak Kebanyakan Selfie

Dan keutamaan yang ketiga, menutup aib saudara seperti menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup.

Hadist riwayat Ahmad, "Barangsiapa melihat aurat lalu ia menutupinya maka seolah-olah ia telah menghidupkan kembali Mau'udah dari kuburnya".

Barangsiapa menutupi aib seorang mukmin maka ia seperti seorang yang menghidupkan kembali Ma'udah dari kuburnya". (HR. Ahmad).

Hadist lainnya dari riwayat Abu Daud menjelaskan, "Siapa melihat aurat (aib orang lain) lalu menutupinya, maka seakan-akan ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup".


Topik

Agama Aib hukum islam


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni