Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Kpw BI Malang Dorong Ekonomi Digital Semakin Masif

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

08 - May - 2023, 18:48

Nobar FEKDI 2023 Kpw BI Malang bersama jajaran pemerintah se Malang Raya (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Nobar FEKDI 2023 Kpw BI Malang bersama jajaran pemerintah se Malang Raya (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia Malang mendorong pertumbuhan ekonomi digital di masyarakat agar semakin masif. Hal itu diungkapkan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Dedy Prasetyo usai menghadiri Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2023.

“Ini suatu event tahunan yang diselenggarakan Bank Indonesia bersama pemerintah dan industri untuk sistem pembayaran yang cita-citanya untuk memperluas ekonomi digital Indonesia,” ungkap Dedy, Senin (8/5/2023).

Baca Juga : Pemkot Malang Apresiasi Peluncuran Kartu Kredit Pemerintah

Menurut Dedy, konsep yang digagas adalah mewujudkan satu nusa, satu bangsa, satu bahasa dalam hal sistem pembayaran digital. Sementara, FEKDI ini lebih pada selebrasi dalam hal mengembangkan keuangan ekonomi digital.

“Kita tahu ekonomi digital adalah elemen penting. Setidaknya dalam empat tahun, di masa pandemi kemarin terakhir kita melihat ekonomi digital mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi backbone dari aktivitas ekonomi,” beber Dedy.

Dijelaskan Dedy, kedepan ekonomi digital akan menjadi salah satu mesin pertumbuhan. Hal itu juga disampaikan Presiden Joko Widodo dimana Indonesia punya potensi 40 persen di ASEAN. “Itu adalah angka yang besar dan harus kita maksimalkan bersama,” ujar Dedy.

Dari situ, Dedy mendorong agar ekonomi digital semakin berkembang. Utamanya ditengah masyarakat yang kerap melakukan transaksi.

Baca Juga : 26 Pencari Kerja Semangat Ikut Pelatihan Olahan Pangan Disnaker-PMPTSP Kota Malang

“Harapannya ekonomi digital semakin berkembang dari segala aspek kehidupan sehingga secara volume transaksi lebih besar lagi,” tutup Dedy.

Seperti diketahui, Kpw BI Malang dalam data Maret 2023 memiliki pertumbuhan dalam hal ekonomi digital. Di bawah naungan Kpw BI Malang total ada 489,865 merchant QRIS, kemudian 100.00 persen share. Pertumbuhan merchant QRIS sendiri mencapai 40,18 persen yoy dan 265,54 persen ytd.


Topik

Ekonomi bank indonesia malang ekonomi digital festival ekonomi keuangan digital


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana