Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pilkades Gelombang Dua, Wabup Malang: Harus Lancar, Damai dan Dapat Pilihan Terbaik

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

06 - May - 2023, 14:51

Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Sabtu (29/4/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat ditemui di Pendapa Agung Kabupaten Malang, Sabtu (29/4/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto meminta kepada semua pihak terkait turut serta menyukseskan gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gelombang Dua pada 14 Mei 2023 mendatang dengan menghadirkan kontestasi yang aman, lancar dan damai. 

Menurut Didik, seluruh proses dalam Pilkades ini bertujuan untuk memilih satu orang yang berkompeten dan merupakan pilihan terbaik dari masyarakat untuk memimpin sebuah desa.

Baca Juga : Tim Saber Judi Pilkades Dilantik, Calon Kades di Kabupaten Malang Bacakan Deklarasi Damai 

 

"Ya prinsip dasar satu, bagaimana proses Pilkades ini harus berjalan lancar, damai, dan mendapatkan pilihan terbaik," ungkap Didik, Sabtu (6/5/2023). 

Pria yang dulunya pernah menjabat sebagai Kepala Desa Tunjungtirto sejak tahun 1997 sampai tahun 2013 ini menuturkan, bahwa berbagai tahapan dalam Pilkades juga merupakan bahan sebagai pembelajaran masyarakat untuk berdemokrasi. 

"Ya karena ini juga merupakan bagian dari tahun politik, ini juga menjadi bahan pembelajaran yang mungkin sama-sama harus kita lakukan," kata Didik. 

Untuk diketahui, Pilkades Kabupaten Malang gelombang kedua tahun 2023 bakal digelar pada Minggu (14/5/2023) mendatang. Pilkades Kabupaten Malang gelombang kedua tahun 2023 ini akan memilih 56 kepala desa yang tersebar di 26 kecamatan. 

Tercatat terdapat 172 calon kepala desa yang secara resmi telah mendaftar untuk bertarung di Pilkades Kabupaten Malang gelombang kedua tahun 2023. Dalam kontestasi tersebut, terdapat 295.503 daftar pemilih tetap yang tersebar di 705 tempat pemungutan suara.

Baca Juga : PN Banyuwangi Dipenuhi  Ratusan Bacaleg Mengurus Surat Keterangan Bebas Tindak Pidana 

 

Sementara itu, disinggung antisipasi konflik yang dikhawatirkan terjadi di masing-masing wilayah, Didik pun memastikan bahwa pihak kepanitiaan sudah menata tahapan Pilkades Kabupaten Malang gelombang kedua tahun 2023 dengan sebaik mungkin. 

"Kita juga bekerjasama dengan Forkopimda. Artinya dengan Polres, Kodim, untuk kita siagakan di lapangan. Insya Allah untuk di 26 Kecamatan ini tidak, semuanya landai-landai saja (tidak ada konflik)," pungkas Didik. 


Topik

Pemerintahan Didik Gatot Subroto kabupaten malang pilkades


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya