Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Hitung Cepat Internal Raih 44,99 Persen Suara, SAE Berani Deklarasi Kemenangan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

28 - Jun - 2018, 07:18

Paslon SAE saat mendeklarasikan kemenangan di posko pemenangan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Paslon SAE saat mendeklarasikan kemenangan di posko pemenangan. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pasangan Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko (SAE) sudah mendeklarasikan kemenangan dalam Pilkada Kota Malang 2018. Langkah itu diambil setelah hasil quick count (hitung cepat) yang dilakukan tim internal SAE menunjukkan angka 44.99 persen.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Perolehan tersebut merupakan perolehan tertinggi dibandingkan dua pasangan lainnya. Yakni M. Anton-Syamsul Mahmud (Asik) sebesar 31,44 persen dan Yaqud Ananda Qudban-Wanedi (Menawan) sebesar 16,91 persen.

Persentase tersebut diperoleh SAE dari 55 kelurahan yang ada di Kota Malang. Maka dari itu, hasil persentase tersebut membuat SAE berani mendeklarasikan kemenangan bersama partai-partai pengusungnya, seperti Demokrat dan Golkar.

"Perolehan 44,99 persen dengan margin error sebesar dua persen," ungkap Nur Wahyudi, ketua tim relawan SAE, di posko pemenangan SAE Jalan Slamet Nomor 2 saat deklarasi kemenangan.

Menurut Nur, angka quick count tersebut masih bisa meningkat lagi dalam perhitungan real count. Selain quick count, pasangan SAE juga menggunakan metode penghitungan real count dengan menggunakan data C1 serta perhitungan melalui sistem SMS.

"Real count kita mencapai 52 persen karena datanya masih 80 persen lebih sedikit. Kalau kita tuntaskan sampai 100 persen, angkanya bisa mencapai 54 persen sesuai dengan data polling yang sebelumnya," beber Nur.

Pasangan SAE  mengalami kekalahan selisih suara yang cukup jauh di dua kelurahan yang notabene wilayah paslon Asik. Di Kelurahan Dinoyo, paslon SAE mangalami selisih sekitar 100 suara. Sedangkan di Kelurahan Tlogomas, SAE mengalami selisih sekitar 74 suara dari paslon nomor dua.

 

Jumlah suara SAE yang tertinggi di Kecamatan Kedungkandang. Disusul Kecamatan Blimbing, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen dan Kecamatan Lowokwaru.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

"Kalau untuk catatan terkait penyelenggaraan pilkada, alhamdulillah semua berjalan dengan baik. Kami selalu koordinasi baik dengan KPU maupun panwas. Semua aman terkendali. Kalau misalkan ada komplain atau permasalahan hukum, nantinya kami juga sudah menyiapkan tim sendiri," tambah Rahman Nurmala, sekretaris tim pemenangan SAE.

Sementara itu, terkait kemenangan SAE, Sutiaji mengatakan bahwa kemenangan tersebut adalah kemenangan masyarakat Kota Malang. Kemenangan tersebut juga diperoleh akibat solidnya tim SAE.

Deklarasi kemenangan dilakukan karena memang pihak SAE yakin dengan data yang dipegang. Karena itu, media pun diminta harus ikut mengawal data tersebut agar tidak terjadi perubahan.

"Kami tak pernah menyerang balik ketika ada serangan terhadap kami. Dari situ masyarakat sudah bisa menilai, program mana yang tidak apologis, yang jelas berbasis regulasi, yang insya Allah 90 persen ketika disampaikan akan terealisasi," ujar Sutiaji.

Sementara itu, Sofyan Edi Jarwoko memgungkapkan, dari yang disampaikan, memang semuanya mengarah ke paslon SAE. Namun meskipun begitu, perhitungan resmi dari KPU juga harus ditunggu yang kemungkinan keluar di awal bulan Juli.

"Nantinya kami tetap akan merangkul kawan-kawan yang memang mungkin untuk pilihan mempunyai pilihan yang berbeda. Soalnya, membangun Kota Malang tak bisa dilakukan sendiri, namun harus dilakukan secara bersama-sama," pungkasnya. (*)


Topik

Politik SAE pasangan-SAE Deklarasi-Kemenangan Pilkada-Kota-Malang-2018.


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni