Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Susul Lukas Enembe, Kadis PUPR Papua dan Pengacaranya Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Korupsi oleh KPK

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

03 - May - 2023, 18:43

Placeholder
KPK. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe. Adapun tersangka baru itu ialah Kadis PUPR Papua, Gerius One Yoman.

"KPK telah tetapkan Kadis PUPR Propinsi Papua sebagai tersangka dalam perkara ini," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (3/5/2023).

Baca Juga : Sambang Desa, Bupati Blitar Genjot Potensi Desa Tepas dan Desa Bumirejo Melalui OVOP

Selanjutnya Ali menjelaskan, penetapan tersangka pada Kadis PUPR Papua itu dilakukan usai tim penyidik mengantongi bukti peran Gerius One dalam tindakan korupsi Lukas Enembe. Dalam bukti itu, Gerius One diduga ikut menerima suap dan gratifikasi bersama Lukas.

"Tim penyidik kembali menemukan adanya peran pihak lain yang bersama-sama dengan tersangka LE menerima suap dan gratifikasi dari berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Pemprov Papua," katanya.

Sebelumnya Genius One telah masuk dalam daftar orang yang dicegah ke luar negeri oleh KPK. Gerius One dicegah ke luar negeri atas dugaan keterlibatan di kasus Lukas Enembe. Selain Genius One, KPK juga telah menetapkan tersangka lainnya. Tersangka itu disebut-sebut pengacara dari Lukas. 

Dari isu yang beredar, sosok pengacara itu ialah Stefanus Roy Rening. Stefanus sebelumnya juga telah masuk dalam daftar pencegahan oleh KPK terkait kasus Lukas Enembe.

"Berdasarkan kecukupan alat bukti yang KPK miliki, saat ini telah meningkatkan pada proses penyidikan baru dengan menetapkan satu orang pengacara sebagai tersangka dalam dugaan korupsi," kata Ali.

Baca Juga : Berdaya Saing Internasional, Program Studi Akuntansi FEB Unisma Raih Akreditasi Unggul

Ali menambahkan, pengacara Lukas Enembe tersebut menjadi tersangka usai diduga berperan menghalangi proses penyidikan tim penyidik KPK. "Menghalangi proses penyidikan dalam perkara dugaan korupsi yang dilakukan tersangka LE selaku Gubernur Papua periode 2018-2023," katanya.

Lebih jauh Ali mengatakan, jika sosok pengacara tersebut diduga memberikan saran yang bertentangan dengan hukum kepada Lukas. Sosok pengacara itu, kata Ali, diduga memberikan masukan kepada Lukas Enembe untuk bersikap tidak kooperatif.

"Adapun indikasi perintangan yang diduga dilakukan antara lain dengan memberikan advice pada tersangka LE agar bersikap tidak kooperatif dalam proses hukum yang dilakukan KPK," katanya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas lukas enembe kadis pupr papua kpk kasus korupsi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana