Dari Balik Jeruji, 27 Tahanan Keluarkan Hak Suara

Jun 27, 2018 16:16
Salah satu tahanan memasukkan surat suara di kotak suara di ruang tahanan Polres Batu, Rabu (27/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Salah satu tahanan memasukkan surat suara di kotak suara di ruang tahanan Polres Batu, Rabu (27/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Sejumlah 27 tahanan menyuarakan pilihannya di dalam tahanan Polres Batu dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. 

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Bukan hanya dari wilayah Kota Batu saja, tetapi juga ada warga luar daerah yang mencoblos di tahanan Polres Batu. Rinciannya ada dua kategori pemilih, yakni pindahan dan menggunakan KTP elektronik (KTP-el). 

“Untuk kategori pindahan, ada 21 orang. Sedangkan sisanya, yakni 6 orang, merupakan kategori KTP elektronik,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Rochani. 

Para tahanan ini mencoblos dengan pengamanan yang cukup ketat. Fasilitasnya satu bilik suara dengan alat coblos, bantalan, dan satu kotak suara. Fasilitas itu sudah disiapkan oleh tempat pemungutan suara (TPS) 9 Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. 

Selain dari Kota Batu, ada juga dari Kabupaten Malang 13 orang. Selain itu, Kabupaten Lumajang 1 orang dan Blitar 1 orang. “Dan sisanya ada 12 orang merupakan warga Kota Batu,” imbuhnya.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Ia menambahkan, tiga hari sebelumnya telah menpersiapkan berkas-berkas untuk pilgub ini. Sedangkan untuk DPT Kota Batu yang berada di Lapas Lowokwaru terdapat 96 tahanan. 

“KPU Kota Batu dengan KPU Kota Malang kerja sama.  Tetapi hanya mendapatkan satu surat suara saja karena yang di Malang kan juga ada pilwali,” jelas Rochani. (*)

Topik
Pilgub Jatim 2018hak suara tahanan di kota batuKPU Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru