Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Pendaftaran Bacaleg di Kabupaten Malang Masih Sepi Peminat

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - May - 2023, 21:49

Placeholder
Kantor KPU Kabupaten Malang. (Foto: Ashaq Lupito/ Jatim Times)

JATIMTIMES - Pendaftaran pelaksanaan pengajuan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, terpantau masih sepi peminat. 

Meski pendaftaran Bacaleg telah resmi dibuka per hari ini, Senin (1/5/2023). Namun belum ada satupun Partai Politik (Parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) yang mendaftarkan Bacaleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

Baca Juga : Usai Jamin PKS Toyyibah, Tarekat Syathoriyah Siap Menangkan Anies di Pilpres

Hal itu diutarakan oleh Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika saat dikonfirmasi, Senin (1/5/2023). "Belum ada," ucapnya singkat saat ditanya apakah sudah ada Bacaleg yang mendaftar di hari pertama.

Sosok yang akrab disapa Dika ini menyebut, KPU Kabupaten Malang belum bisa memastikan kapan parpol peserta pemilu bakal mendaftarkan Bacaleg-nya. Sebab, hingga Senin (1/5/2023) belum ada yang memberikan konfirmasi kepada KPU Kabupaten Malang.

"Nunggu konfirmasi dari parpol masing-masing," imbuh Komisioner KPU Kabupaten Malang yang menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut.

Lebih jauh, Dika juga tidak berani berspekulasi terkait kapan parpol peserta Pemilu akan mulai mendaftarkan jagoannya sebagai Bacaleg. "Nunggu konfirmasi, nanti jika sudah ada info saya kabari," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto menyebut partainya kemungkinan akan mendaftarkan Bacaleg-nya pada Rabu (3/5/2023), atau setelahnya.

"Pada kisaran di atas tanggal 3 (Mei 2023)," ucap politisi yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Malang tersebut.

Baca Juga :  Adipati Raden Ronggo Prawirosentiko dan Tangan-Tangan Rakyat Madiun Membangun Keraton Jogja dan Taman Sari

Didik menyebut, kemungkinan partainya bakal mendaftar pada Rabu (3/5/2023) tersebut, lantaran partai berlogo banteng itu masih melakukan serangkaian tahapan verifikasi internal.

"(Pendaftaran Bacaleg) setelah proses verifikasi internal kita selesaikan," tukas politisi yang juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Malang tersebut.

Sebagaimana yang telah diberitakan, pendaftaran pelaksanaan pengajuan Bacaleg berlangsung selama 14 hari. Yakni sejak tanggal 1 hingga 14 Mei 2023 mendatang.

Di mana, waktu pendaftaran pada Senin (1/5/2023) hingga Sabtu (13/5/2023) adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan pendaftaran pada hari terakhir, yakni Minggu (14/5/2023) akan dibuka sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 23.59 WIB.


Topik

Politik Bacaleg kabupaten malang dprd kabupaten malang kpu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni