Alat Musik Tradisional Paling Langka di Dunia Kini Hadir di Kota Batu

Aneh, tiba-tiba koleksi alat musik Museum Musik Dunia (MMD) Jatim Park 3 mendadak bisa bermain sendiri, tanpa ada yang menggerakkan. Nama alat musik klasik ini adalah Decap Antwerpen.

Memang alat musik ini diciptakan bisa bergerak sendiri dengan lantunan musik klasik. Alat musik klasik ini berasal dari Antwerpen Belgia. 

Satu set alat ini terdiri dari Drum, Xylophone, Akordion, Trompet dan Synthesizer organ. Alat ini bisa dimainkan jika piringan kaset mulai dimainkan.

Secara otomatis satu set alat musik ini bisa bergerak dengan sendirinya layaknya ada yang memainkan. Alat musik ini bisa terus dimainkan tanpa ada batasan waktu.  

“Alat ini bisa kita putar sesuka kita, mau berapa lama pun bisa,” kata Operation Manager MMD Jatim Park 3 Mulyadi.

Ia menjelaskan alat musik ini diproduksi oleh PVB Gebroeders Decap Anterpen yang dimiliki oleh 3 orang bersaudara di Kota Antwerp, Belgia. Alat musik ini di dunia hanya diproduksi lima unit.

“Untuk empat unit alat musik decap ini ada di Belgia. Dan satunya hanya ada di MMD Jatim Park 3. Jadi yang penasaran bagaimana alat musik ini bisa ke sini,” ujarnya, Minggu (24/6/2018).

Hadirnya alat musik menambah koleksi MMD yang saat ini kurang lebih ada 2 ribuan koleksi. Tentu kehadiran alat musik Decap ini bertujuan memberikan edukasi kepada wisatawan.

“Kalau ke MMD jangan lupa menginjakkan kaki ke lantai 3. Karena alat musik Decap ini kita letakkan di sana,” imbuh Mulyadi. 

Selain itu, alat musik klasik Decap juga baru dihadirkan. Kurang lebih baru satu bulan ada di MMD.

Top