MALANGTIMES - Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 digelar pada 27 Juni mendatang, atau tinggal 4 hari lagi. Untuk itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melakukan inspeksi mendadak di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Desa Tlekung, Sabtu (23/6/2018).

Di sana Dewanti Rumpoko disambut Ketua KPU Kota Batu Rochani dan Komisioner KPU Kota Batu Ashar Chilmi. Saat melihat di lantai dua yang terdapat logistik untuk Pilgub, semua perlengkapan sudah rapi dan tertata dalam kotak suara yang sudah terkunci.

KPU Kota Batu telah melakukan setting packing logistik sejak 20-22 Juni lalu. Dalam satu kotak suara berisikan surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen (surat suara). Lalu dua buah bantalan, alat coblos dua buah, formulir c1, c2, c3, c4 dan c5. Lalu juga ada formulir c1 plano, alat bantu tuna netra, dan tinta 2 botol.

Dewanti Rumpoko menjelaskan maksud kedatangannya itu untuk melihat sejauh mana kesiapan tim KPU Kota Batu dalam mempersiapkan Pilgub 2018. “Kedatangan saya ke kantor KPU Kota Batu ya ingin melihat kesiapannya seperti apa, dan ternyata sudah selesai melakukan packing,” ungkap Dewanti.

Kesiapan tim KPU Kota Batu tersebut menurutnya sangat diharapkan dalam pesta demokrasi agar berjalan sukses dan tidak ada kecurangan. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Bagi warga Kota Batu harus memanfaatkan hak pilihnya dalam pesta demokrasi mendatang. Karena Jawa Timur akan berada pada pilihan masyarakat,” jelas politisi PDIP ini.

Selain itu Dewanti juga mengingatkan bagi warga luar Kota Batu tetapi ingin menyuarakan hak pilihnya di Kota Batu bisa mengurus formulir A5 di KPU Kota Batu. “Bagi yang saat pencoblosan berada di Kota Batu segera mengurus formulir A5 di KPU Kota Batu,” tutupnya.

Sementara itu, meski packing perlengkapan dan peralatan telah dilakukan, pengiriman logistik di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal dilakukan H-1 sebelum pemilihan. Totalnya ada 411 TPS di Kota Batu.