PPK dan PPS saat sedang melakukan packing di Kantor KPU Kota Batu, Jumat (22/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
PPK dan PPS saat sedang melakukan packing di Kantor KPU Kota Batu, Jumat (22/6/2018). (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu telah melakukan setting packing logistik sejak 20-22 Juni di Kantor KPU Kota Batu. Totalnya ada 411 kotak suara yang disiapkan untuk 411 Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Selain menyiapkan untuk 411 TPS itu, KPU Kota Batu juga menambahkan beberapa kotak suara untuk di luar TPS. Seperti di rumah Sakit, puskesmas, rumah tahanan, dan sebagainya. 

Rincinannya ada di Desa Beji untuk puskesmas satu kotak suara, di Kelurahan Ngaglik dua kotak suara untuk Rumah Sakit dan Puskesmas.

Lainnya di Kelurahan Sisir dua buah kotak suara di rumah sakit. Lalu di Desa Tlekung satu kotak suara utuk di rumah sakit. “Dan satu kotak suara untuk rumah tahanan di Polres Batu,” ungkap Komisioner Divisi Keuangan, Umum, dan Logistik KPU Kota Batu, Erfanudin, Jumat (22/6/2018).

Untuk satu kotak suara berisikan surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen (surat suara). Lalu dua buah bantalan, alat coblos dua buah, formulir c1, c2, c3, c4 dan c5. Lalu juga ada formulir c1 plano, alat bantu tuna netra, dan tinta 2 botol.

Ia menjelaskan jumlah surat suara yang dimasukkan ke dalam kotak suara juga beragam sesuai dengan kebutukan DPT. Petugas yang melakukan setting packing ini mereka dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Penitian Pengawas Kecamatan (PPK). 

Saat melakukan packing terlebih dahulu selesai untuk wilayah Kecamatan Junrejo, lalu Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu. “Setting packing logistik ini memang hari ini harus segera diselesaikan,” imbuhnya saat ditemui di KPU Kota Batu.

Hanya saja, meski packing sudah selesai dilakukan pendistribusian tetap dilakukan pada H-1 pemilihan gubernur yakni 27 Juni mendatang. Nantinya pendistribusian ini langsung diantar menuju kantor desa atau kelurahan sebagai transit, kemudian didistribusikan ke TPS masing-masing.

“Nanti kita antar menggunakan truk, kenapa kita transit untuk mempercepat pendistribusian ke TPS,” jelas Erfan.

Selain itu, jika sebelumnya ada surat suara yang didapati rusak sebanyak 17.167, KPU Kota Batu telah mendapatkan gantinya sejumlah 18.088. Jumlah tersebut ditambah dengan kekurangan pengiriman sebelumnya 1.921 surat suara. 

“Jumlah surat suara yang seharusnya kita terima kan 152.688, tapi setelah kita cek ternyata hanya 151.767. Sehingga ada kekurangan 1.921, sebelum telah dikirimkan bersamaa dengan penggantian yang rusak,” tutupnya.