Penyerahan bantuan secara simbolis dari Kemeterian Industri untuk Pemerintah Kota Malang dalam bidanh Industri Keramik Dinoyo (Pipit Anggraeni)
Penyerahan bantuan secara simbolis dari Kemeterian Industri untuk Pemerintah Kota Malang dalam bidanh Industri Keramik Dinoyo (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Industri Keramik Dinoyo menjadi salah satu industri kecil menengah (IKM) yang menjadi perhatian dari pemerintahan pusat. Melalui Kementerian Perindustrian, bantuan senilai Rp 1,8 Miliar pun diserahkan dalam bentuk mesin keramik pada Jumat (22/6/2018).

Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan, bantuan diberikan sebagai bentuk upaya peningkatan kapasitas keramik Dinoyo dalam kancah nasional maupun internasional. 

"Saat ini kontribusi Keramik Dinoyo secara nasional memang masih kecil," katanya pada wartawan usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Balaikota Malang, Jumat (22/6/2018).

Lebih jauh pria kelahiran Kota Malang itu menyampaikan, bantuan yang diserahkan tersebut merupakan bentuk awal dari pembinaan bagi pelaku industri keramik. Ke depan, pembinaan lain akan terus dilakukan agar sentra industri keramik Dinoyo semakin tumbuh.

"Jadi ini masih awal mula kerjasama kami. Ke depan masih akan banyak jenis pembinaan lainnya," terangnya.

Untuk meningkatkan nilai jual keramik, menurutnya langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengembangkan inovasi. Salah satunya membuat keramik tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tapi juga dalam bidang kecantikan.

"Di Belanda keramik sudah disulap untuk anting, gelang dan lain sebagainya. Dan inilah yang akan kita bawa ke Indonesia termasuk Malang," paparnya.

Langkah meningkatkan kapasitas keramik dengan nilai jual lebih tinggi itu menurutnya sangat mumpuni dilakukan di Kota Malang. Karena SDM yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

"Secara SDM Malang tidak diragukan lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kota Malang Wasto menyampaikan terima kasihnya terhadap bantuan yang digelontorkan tersebut. Dia pun berharap akan lebih banyak lagi jenis bantuan yang digelontorkan pemerintah pusat untuk memperkokoh basis industri kecil di daerah.

"Terima kasih dan saya harap ke depan akan lebih banyak lagi jenis bantuan yang diserahkan," tutup Wasto.