Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Instagram Ganjar Digeruduk Netizen Usai Indonesia Dicoret dari Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

30 - Mar - 2023, 07:45

Unggahan terakhir Instagram Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang digeruduk netizen (foto: Instagram Ganjar Pranowo)
Unggahan terakhir Instagram Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang digeruduk netizen (foto: Instagram Ganjar Pranowo)

JATIMTIMES - Pecinta sepak bola tanah air meluapkan kekecewaannya atas pembatalan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Itu lantaran, Ganjar adalah salah satu kepala daerah yang vokal menolak timnas Israel datang ke Indonesia. 

Dari pantuan JatimTIMES, unggahan Instagram Ganjar Pranowo yang terakhir dipenuhi dengan komentar negatif. Tak sedikit netizen yang menyampaikan terima kasih karena sudah menghancurkan mimpi anak bangsa. 

"Makasih pak udah menghancurkan mimpi anak bangsa sendiri," @jakaski****.

Baca Juga : Erick Thohir: Kita Harus Menerima Keputusan FIFA 

"terima kasih atas apa yg anda ucapkan pak, terimakasih sudah membuat usaha banyak pihak jadi sia sia, terima kasih sudah menjatuhkan mimpi anak bangsa sendiri kedalam liang lahat, di tanahnya sendiri. minimal nek ga gelem dukung diam pak. hellleeehh hellleh pie teros ngene ki? seneng pak ... wo seneng to pasti," @samsi***.

Beberapa netizen bahkan berkomentar bahwa Ganjar bukanlah kepala daerah di Indonesia namun di Palestina, lantaran tidak membela anak bangsa sendiri. 

"Si tiba-tiba paling Palestina," @derigiazz**

"Gubernur Palestina," @dryxy***

"Kapan berangkat perang ke Palestina pak?," @_sren**

"Ndang budal pak melu perang," @triaa***

Tak sedikit dari netizen yang juga meminta agar Ganjar Pranowo dan beberapa tokoh yang membuat kisruh penolakan timnas Israel hingga berujung batalnya Indonesia sebagai tuan rumah, untuk meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. 

"di tunggu permintaan maaf keseluruh rakyat indonesia, bapak pengen banyak orang yang kenal kan? nah selamat anda sudah di kenal dan insyallah gagal jadi presiden," @ilan.alkat***. 

Sebelumnya, Ganjar menyebutkan bahwa perlu ada upaya agar Piala Dunia U-20 bisa berjalan sukses tanpa hadirnya timnas Israel. Oleh karenanya, perlu terobosan dari pihak terkait untuk melobi FIFA. 

Baca Juga : Siap-siap! Inilah Potensi Sanksi yang Diterima Indonesia Usai Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 

"Dalam konteks (Piala Dunia) U-20 kami mendorong upaya-upaya yang mesti dilakukan oleh pemerintah. Dalam hal ini menerobos agar U-20 tetap sukses tapi tidak menghadirkan Israel," tegas Ganjar, dikutip Detikcom, Kamis (30/3/2023).

Ganjar juga menyatakan sikap mendukung kepada partainya, PDIP yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ia meminta agar panitia bersama pihak terkait mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa.

"Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga kedamaian sosial-politik di dalam negeri Indonesia," tegasnya.

Menurut Ganjar, penolakan terhadap kehadiran timnas Israel itu sebagai bentuk memegang teguh amanat Bung Karno berkaitan dengan kemerdekaan Palestina. 

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," ucap Ganjar. 

Ganjar juga mengaku terus mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina. Ia juga mencermati kemunculan kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka.

"Karenanya, penting bagi kita untuk tetap menyuarakan dukungan kita kepada perjuangan Palestina merdeka," tandasnya.


Topik

Politik Fifa piala dunia u 20 timnas israel palestina piala dunia timnas timnas indonesia ganjar pranowo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni