Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Bisa Jadi Pilihan PPDB 2023, Berikut 15 Daftar SMA TOP di Jawa Timur Versi LTMPT

Penulis : fadhilatul husni - Editor : A Yahya

21 - Mar - 2023, 20:02

salah satu SMA terbaik versi LTMPT SMAN 5 Surabaya. sumber ig sma 5 surabaya
salah satu SMA terbaik versi LTMPT SMAN 5 Surabaya. sumber ig sma 5 surabaya

JATIMTIMES- Daftar SMA top di Jawa Timur versi nilai UTBK 2022 bisa dilirik oleh lulusan SMP/Mts jelang PPDB 2023. Penerimaan peserta didik baru di Jawa Timur untuk SMA/SMK akan dibuka pada tanggal 19 Juni mendatang. 

Jawa Timur sendiri merupakan salah satu Provinsi yang dikenal memiliki sederet sekolah menengah yang cukup populer. Salah satunya SMA Katolik St.Louis 1 Surabaya yang menduduki peringkat no 2 dalam perangkingan nasional. Hal tersebut dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam top 1000 sekolah dari hasil rerata nilai UTBK 2022. 

Baca Juga : Terinspirasi Film Yamakasi, Lahirlah Komunitas PlayOn Parkour Malang, Pertama di Indonesia

Peringkat tersebut diambil dari total 23.65 SMA peserta UTBK 2022 dengan nilai rerata tertinggi di Indonesia. 

Bisa diterima di sekolah favorit merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Terlebih lagi para orang tua pasti mendambakan anaknya untuk bisa menjadi salah satu siswa di sekolah terbaik tersebut. Selagi PPDB 2023 masih berjalan dalam hitungan beberapa bulan lagi, alangkah baiknya ketahui dan telusuri terlebih dahulu Sekolah Menengah Atas (SMA) mana yang mendapat predikat sebagai sekolah terbaik di daerahnya.

Bagi yang masih awam mendengar istilah ini, berikut penjelasan mengenai definisi PPDB. PPDB sendiri merupakan kepanjangan dari Penerimaan Peserta Didik Baru. Sistem PPDB ini telah diterapkan dan dipergunakan di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Hingga saat ini telah tersedia 4 jalur yang bisa digunakan calon peserta didik baru untuk mengikuti pendaftaran PPDB, di antaranya yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur keluarga tidak mampu, dan jalur orang tua atau wali yang dipindah tugaskan ke suatu daerah.

Nah tentunya peran orang tua sangat penting dalam hal memilih sekolah yang terbaik bagi anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK. 

Berikut 15 daftar sekolah terbaik yang bisa jadi acuan pada PPDB 2023 : 

SMA Katolik St Louis 1 Surabaya

MAN 2 Kota Malang

MAN Insan Cendekia Pasuruan

SMAN 5 Surabaya

SMAS Kolese St Yusup Kota Malang

SMAN 1 Kota Malang

SMAN 2 Jombang

SMAS Santa Maria Surabaya

SMAN 2 Kediri

SMAS Trensains Tebuireng

SMAN 3 Malang

SMAN 15 Surabaya

SMAN 2 Surabaya

SMAN 2 Madiun

SMAN 1 Jember

 


Topik

Pendidikan Utbk 2023 SMA top


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

fadhilatul husni

Editor

A Yahya