Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Penting untuk Perencanaan Kehamilan, Ketahui Kapan Masa Subur Pria

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

19 - Mar - 2023, 21:22

Ilustrasi perencanaan kehamilan.(pixabay)
Ilustrasi perencanaan kehamilan.(pixabay)

JATIMTIMES - Bagi pasangan yang telah menikah dan ingin segera mempunyai momongan, tentu perencanaan kehamilan menjadi hal yang penting. Pasangan pun harus mengetahui masa subur masing-masing. Dengan mengetahui masa subur, tentu akan mempercepat kehamilan. 

Tapi bukan hanya masa subur wanita yang perlu diketahui, melainkan juga masa subur pria. Lalu, kapan waktu masa subur pria?

Baca Juga : Jelang Nyepi, Ratusan Umat Hindu di Kabupaten Malang Gelar Larung dan Jalanidhipuja

Dokter Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Dr Rangga Pragasta  SS Sp And menjelaskan bahwa pada dasarnya pria tidak memiliki masa subur layaknya wanita. Seorang pria dapat memproduksi sperma setiap hari sepanjang usianya, namun dengan catatan tidak terdapat kelainan pada sistem reproduksinya.

"Sehingga, dapat dikatakan setiap waktu merupakan masa subur bagi seorang pria," jelasnya melalui grafis dikutip melalui laman Instagram RSI Unisma.

1

Kesuburan pria pada umumnya dilihat dari bagaimana kuantitas dan kualitas sperma. Jika jumlah sperma rendah dan kualitasnya buruk, maka hal terus mungkin saja dapat membuat pasangan tak kunjung mendapatkan kehamilan. 

"Kualitas terbaik sperma bisa didapatkan pada rentang masa subur antara 25 hingga 40 tahun," ungkapnya.  

Namun, beberapa penelitian menyebutkan terdapat perbedaan kualitas sperma dari seorang pria dalam waktu sehari. Sampel sperma yang didapatkan pada pagi hari sebelum pukul 07.30 WIB memiliki pergerakan dan bentuk yang paling baik.

Kemudian, dapat disimpulkan bahwa masa subur pria adalah pada pagi hari sebelum pukul 07.30. Meski begitu, Waktu bukanlah faktor utama suatu penentu kesuburan pria. 

"Faktor gizi dan gaya hidup yang sehat juga berperan dalam kesuburan pria," jelasnya.

Baca Juga : Viral Pria Berseragam Mengamuk di Magetan, Diduga Istri Selingkuh

Nah buat kamu pasangan yang merencanakan atau program kehamilan yang baik dan benar, atau kalian pasangan yang ingin memeriksakan diri terkait kesuburan pasangan, bisa datang langsung ke RSI Unisma untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis andrologi. 

Informasi lebih lanjut, para pasien bisa menghubungi  nomor center RSI Unisma melalui SMS atau WhatsApp di nomor 081 1314 8899. Lewat nomor tersebut, para pasien bisa mengakses pendaftaran online dan informasi umum, informasi pelayanan dan update jadwal praktik dokter. 

Selain itu, para pasien bisa memantau akun media sosial RSI Unisma, di @rsiunisma untuk Instagram, @Rsi Unisma untuk Facebook, atau mengakses www.rsiunisma.com.

 


Topik

Kesehatan RSI Unisma masa subur program kehamilan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy