Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Ultah ke-55, SDN Percobaan 1 Kota Malang Dipuji Disdikbud

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Dede Nana

18 - Mar - 2023, 18:20

Sekretaris Disdikbud Kota Malang, Sri Handayani Wahyu Widayati saat memberikan santunan (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Sekretaris Disdikbud Kota Malang, Sri Handayani Wahyu Widayati saat memberikan santunan (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang mengapresiasi pendidikan karakter yang ada di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Percobaan 1, Jalan Magelang, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru.

Sekretaris Disdikbud Kota Malang Sri Handayani Wahyu Widayati yang hadir dalam acara ulang tahun SDN Percobaan 1 yang ke 55 mengaku takjub dengan sekolah dasar yang terletak di Jalan Magelang tersebut. Sebab, diawal ia telah disuguhi oleh kreasi anak-anak yaitu berupa robotik.

Baca Juga : Sekolah di Lombok Dibangun dengan Bata Plastik Daur Ulang, Pengerjaannya Hanya Seminggu

“Kemudian kami masuk itu sudah disuguhi lagi karya anak-anak dari kelas 1 yang dimana merupakan kerja keras anak-anak bersama orangtuanya. Jadi itu hasil karya anak-anak didampingi orangtua dipamerkan sangat bagus. Semuanya bagus semuanya pemenang di usianya,” ungkap Sri Handayani kepada JatimTIMES, Sabtu (18/3/2023).

Menurut Sri Handayani, semua peserta didik adalah pemenang dari kreasi yang telah dibuat. Karena mereka itu adalah bekerja sesuai dengan usia dan perkembangannya.

“Tentunya tidak bisa dibandingkan antara setiap kelas. Tapi karena harus ada satu yang diberi hadiah, maka kita putuskan anak kelas enam. Karena satu memotivasi mereka untuk sekolah di tingkat lanjutan SMP, biar lebih semangat dan karyanya itu bisa sebagai kenangan-kenangan untuk SDN Percobaan 1,” tutur Sri Handayani.

Yang membuat kagum, Sri Handayani kaget melihat anak SDN Percobaan 1 saat kegiatan tak ada yang menbuat gaduh. Hal itulah yang dianggap pendidikan karakter sudah masuk dalam diri anak-anak.

“Jadi saya melihat pendidikan karakter di sini sudah bagus, karena menghormati kepada bapak ibu tamu undangan. Bapak ibu guru yang menyambut juga disiplin, saling toleransi kepada temannya yang lain,” tutur Sri Handayani.

“Kami ucapkan selamat untuk SDN Percobaan 1 di hari ulang tahun yang ke 55 ini semoga semakin maju, berjaya, berkembang,” imbuhnya.

Sementara itu Dra Anny Saida Kepala SDN Percobaan 1 Kota Malang mengatakan bahwa ulang tahun kali ini dirayakan bertepatan menjelang Ramadan 2023. Dalam kegiatan tersebut juga disertakan santunan.

Baca Juga : Mau Jadi Guru? Ini 17 Universitas Keguruan Terbaik di Jawa Timur 2023

“Mestinya ulang tahunnya kan tanggal 1 jadi supaya lebih tidak terlalu banyak kegiatan kita jadikan satu menjelang ramadan. Karena kita setiap ramadan itu biasanya ada santunan,” ucap Anny.

Disinggung pujian pendidikan karakter yang disampaikan Sekretaris Disdikbud Kota Malang, Anny mengaku bersyukur. Karena menurutnya pendidikan karakter memang menjadi yang utama.

“Sukses itu kan tidak harus dari akademik yang bagus, tetapi dengan mereka memberi karakter yang bagus itu insyaallah mereka menjadi sukses,” kata Anny.

“Kan karakter yang bagus tidak harus anak-anak yang berperan, tetapi yang mandiri, berani bersaing itu yang kita tanamkan di mereka,” imbuh Anny.

Di sisi lain, Anny mengaku bahwa di SDN Percobaan 1 juga memiliki ekstra kulikuler robotik. Dan peminatnya diakui cukup banyak. “Memang, jadi kita punya eskul robotik dan itu eskul berbayar ya karena kita menggandeng dengan lembaga yang lain. Jadi khusus untuk eskul ini eskul yang berbayar. Banyak sekitar 60 siswa yang ikut, kalau robotik itu mulai kelas 3. Kelas 1 sama 2 belum bisa, jadi kelas 3 sampai kelas 5. Karena kelas 6 di semester 2 itu untuk persiapan ujian jadi lebih banyak difokuskan belajar,” ungkap Anny.


Topik

Pendidikan disdikbud kota malang sdn percobaan 1 kelas robotik hut sdn percobaan 1


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Dede Nana