Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Paslon Menawan Siapkan Satu Kelurahan Satu Ambulans Berbasis Kebutuhan Masyarakat

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Heryanto

16 - Jun - 2018, 15:22

Calon Wakil Wali Kota Malang Ahmad Wanedi (dua dari kanan) saat bersilaturrahmi bersama warga Kota Malang (Foto : Istimewa)
Calon Wakil Wali Kota Malang Ahmad Wanedi (dua dari kanan) saat bersilaturrahmi bersama warga Kota Malang (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES -  Calon Wakil Wali Kota Malang, H. Ahmad Wanedi, mengatakan jika program 1 Kelurahan 1 Ambulans berbasis kebutuhan masyarakat. Ia menjelaskan, pada saat kegiatan turun menyapa warga, salah satu aduan tentang layanan kesehatan adalah terkait sarana dan prasarana.

"Pertama yang banyak menjadi keluhan adalah sarana dan prasarana di bidang kesehatan, termasuk bagaimana kebutuhan akan ambulans," kata Wanedi.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Salah satu dari keluhan masyarakat tentang sarana dan prasarana adalah terkait dengan ambulans. Banyak masyarakat yang membutuhkan layanan mobil kesehatan itu tidak pernah tercover karena minimnya jumlah ambulans milik pemerintah Kota Malang.

"Program 1 Kelurahan 1 Ambulans. Program ini cukup penting, karena berkaitan dengan sarana dan prasarana bagi masyarakat untuk sampai di rumah sakit atau puskesmas terdekat," ujarnya.

Pada kawasan padat penduduk dan jauh dari jalan raya, transportasi seperti ambulans ini cukup krusial. Selain itu, harga sewa ambulans di rumah sakit cukup mahal dan memberatkan masyarakat.

"Misalnya di kawasan Polehan. Banyak rumah warga yang jauh dari jalan raya. Akses mereka sampai ke puskesmas atau rumah sakit sangat jauh. Karena itu selain ambulans juga akan ada semacam Tossa untuk sarana transportasi bidang kesehatan," bebernya.

Berdasar Data Dinas Kesehatan Kota Malang, jumlah ambulans yang dimiliki oleh pemerintah kota saat ini sebanyak 34 unit dengan rincian ada 30 ambulans disebar di 15 puskesmas atau 2 ambulans setiap puskesmas, 2 ambulans di Pusat Pelayanan Olahraga dan Kesehatan serta Dua Unit di Rumah Sakit Bersalin.

"Jumlah ini tentunya mash kurang ideal jika dibanding dengan jumlah masyarakat Kota Malang," tukasnya.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Wanedi mencontohkan, pada Kabupaten Purwakarta dengan jumlah penduduk 932.701 jiwa. Daerah ini memiliki jumlah ambulans yang siap melayani warga sebanyal 120 unit ambulans. Kondisi ini berbanding terbalik dengan Kota Malang sekitar 895 ribu orang yang hanya memiliki ambulans sebanyak 34 unit.

"Kondisi sarana kesehatan berupa ambulans dengan jumlah penduduk ini tentunya perlu ada solusi bersama. Penambahan 1 unit ambulans untuk 1 kelurahan berbasis pada kebutuhan masyarakat," imbuhnya.


Topik

Politik berita-malang Calon-Wakil-Wali-Kota-Malang program-1-Kelurahan-1-Ambulans


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Heryanto