Para anggota Saka Bhayangkara Polsek Blimbing berfoto bersama Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro (Ist)
Para anggota Saka Bhayangkara Polsek Blimbing berfoto bersama Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro (Ist)

MALANGTIMES - Pengamanan lebaran tidak hanya dilakukan petugas Polisi dan TNI namun juga unsur lain yakni Pramuka. Para anggota Pramuka yang kebanyakan adalah remaja memang patut diacungi jempol.

Pasalnya, disaat para remaja-remaja lainya menikmati libur panjang Lebaran 2018 dengan bermain, mereka malah turun berpartisipasi membantu untuk memberikan keamanan masyarakat Kota Malang.

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang Heri Sunarko mengungkapkan, mereka ini adalah pemuda-pemuda terpilih yang begitu bersemangat mendapatkan tugas partisipasi pengamanan ini.

"Ini merupakan salah satu bentuk karakter building, empati dan peduli pada sesama, sekaligus pengamalan nilai dasa darma dan tri satya pramuka," ungkap Heri yang juga Pamong Saka Bhayangkara Polsek Blimbing. 

Lanjutnya, dalam kegiatan tersebut, Kwarcab Pramuka Kota Malang, menurunkan personil dari Saka Bhayangkara Polsek Blimbing dengan jumlah sekitar 85 orang. Selain itu, juga diturunkan Brigade Penolong yang juga masih dalam satu pembinaan Kwarcab Pramuka Kota Malang sebanyak 20 orang.

"Para personil Saka Bhayangkara Polsek Blimbing dan juga Brigade Penolong ini bakal ditempatkan di empat pos pengamanan (Pospam) yakni di Pospam Mitra, Pospam Stasiun, Pospam PDAM lama dan Pospam Terminal Arjosari," jelasnya

Lebih lanjut dijelaskan Heri, tiap bospom nantinya akan dijaga sekitar enam sampai delapan personil secara bergiliran dengan 2 shift. Sifat utama pada pukul 07.00 wib sampai pukul 14.00 wib, itu pukul 14.00 wib sampai pukul 19.00 wib.

"Mereka ikut berpartisipasi mengabdi mulai tanggal 7 Juni 2018 sampai 27 Juni 2018 secara bergilir, dan mereka sangat antusias sekali," pungkas Heri.