Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Visitasi Lomba Desa, Tim Juri Tinjau Petirtaan Peninggalan Kerajaan Abad 10-13 M di Ngawonggo

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Dede Nana

15 - Mar - 2023, 20:43

Situs Petirtaan Ngawonggo yang masuk dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 yang terlihat begitu asri. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim Times)
Situs Petirtaan Ngawonggo yang masuk dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 yang terlihat begitu asri. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim Times)

JATIMTIMES - Situs Petirtaan Ngawonggo yang berlokasi di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang tidak luput dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023.

Tim juri yang terlibat dalam penilaian visitasi menyebut, Situs Petirtaan Ngawonggo tersebut layak masuk dalam penilaian lantaran memiliki nilai sejarah yang begitu kental.

Baca Juga : Yuk Intip Komunitas Tamiya Mini 4WD Kediri yang Menjadi Tempat Bernostalgia Orang-Orang Dewasa!

Juru Pelihara Situs Petirtaan Ngawonggo, Rahmad Yasin menyebut, dari segi bahasa petirtaan dapat diartikan sebagai air suci yang dipakai untuk sarana ibadah.

"Menurut kajian dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) petirtaan yang merupakan peninggalan arkeologis ini, dimungkinkan berasal pada era kerajaan Hindu - Buddha. Yakni antara abad 10 - 13 masehi atau pada masa peralihan dari kerajaan Kediri ke Singosari," kata Yasin saat ditemui Jatim Times disela-sela penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, Rabu (15/3/2023).

Pria yang kini berusia 31 tahun itu menyebut, Situs Petirtaan Ngawonggo ini mulai di ekskavasi atau penggalian tanah dan zonasi oleh BPCB pada Mei 2017 lalu.

"Dalam Situs Petirtaan Ngawonggo ini terbagi menjadi empat struktur utama, yakni struktur satu, dua, tiga, hingga struktur empat," imbuhnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Yasin, empat struktur tersebut meliputi struktur kolam satu, struktur kolam dua, struktur tiga yang terdapat dinding berelief dan struktur kolam empat.

"Pada setiap struktur tersebut terdapat beberapa relief dan panil atau arca yang menggambarkan dewa-dewa," terang juru pelihara yang merupakan warga asli Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang tersebut.

Baca Juga : Fraksi PKS DPRD Kota Malang Berharap Investasi yang Masuk Turut Ciptakan Lapangan Kerja

Sebagaimana yang telah diberitakan, Rabu (15/3/2023) Tim Juri Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 telah melaksanakan penilaian visitasi di Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Dalam hari yang sama, tim juri juga melakukan penilaian visitasi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebelumnya, tim juri Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 juga telah melakukan penilaian visitasi di empat desa sejak Senin (13/3/2023). Empat desa tersebut meliputi Desa Sriginco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Sekedar informasi, terselenggaranya Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 ini, juga didukung oleh berbagai pihak. Selain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, akademisi Universitas Brawijaya (UB), dan media massa JatimTIMES Network. Berbagai pihak seperti Bank Jatim Cabang Malang, Indomaret, BPJS Ketenagakerjaan, Sharetour Wisata juga turut mendukung dalam menyukseskan acara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 tersebut.


Topik

Pemerintahan lomba desa kab malang lomba desa 2023 situs petirtaan ngawonggo visitasi lomba desa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Dede Nana