Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan Lomba Desa Kabupaten Malang 2023

Kenalkan Pasar Tradisional ke Milenial, Juri Lomba Desa Lakukan Penilaian ke Landungsari

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Mar - 2023, 16:38

Tim JatimTIMES Network yang sekaligus menjadi salah satu juri dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, Dede Nana (tengah, pegang mikrofon) saat memberikan arahannya ketika peninjauan lapangan di Desa Landungsari. (Foto: Ashaq Lupito/ Jatim Times)
Tim JatimTIMES Network yang sekaligus menjadi salah satu juri dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, Dede Nana (tengah, pegang mikrofon) saat memberikan arahannya ketika peninjauan lapangan di Desa Landungsari. (Foto: Ashaq Lupito/ Jatim Times)

JATIMTIMES - Berada di wilayah perbatasan dengan Kota Malang, membuat Pemerintah Desa (Pemdes) Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang terus berinovasi untuk mendongkrak potensi yang ada di desanya. 

Beberapa potensi yang dipermak tersebut, diantaranya adalah pasar tradisional. Kepala Desa (Kades) Landungsari, Asyarul Khakim menuturkan, saat ini keberadaan pasar tradisional di Desa Landungsari telah dipoles menjadi warna-warni. 

Baca Juga : Operasi Pasar, Pemerintah Diminta Libatkan UMKM dalam Berjualan

Hal itu dilakukan guna lebih mendekatkan diri kepada kalangan muda dan milenial.

"Pada tahun 2022 lalu Pasar Desa Landungsari telah direbranding menjadi pasar warna-warni. Tujuannya untuk lebih mengenalkan pasar tradisional kepada kaum milenial. Sebab penduduk di Landungsari didominasi oleh mahasiswa yang nge-kos di daerah kami (Desa Landungsari)," ucapnya saat memberikan pemaparan dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, Rabu (15/3/2023).

Hasilnya cukup menjanjikan, berkat inovasi tersebut, salah satu unit Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Desa Landungsari saat ini telah memiliki aset hingga Rp 6 miliar. Aset tersebut juga terdiri dari tanah dan bangunan.

"BUMDesa Landungsari merupakan penyumbang pendapatan APBDesa, yang pada tahun lalu telah mampu menyumbang APBDesa hingga lebih dari Rp 1 miliar. Sedangkan tahun ini (2023) targetnya adalah Rp 1,5 miliar," ujarnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan, Desa Landungsari merupakan salah satu desa yang masuk enam terbaik pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Sedangkan lima desa lainnya yang juga masuk dalam tahap penilaian visitasi atau peninjauan lapangan tersebut meliputi Desa Sriginco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit; Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Terselenggaranya Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 ini, juga didukung oleh berbagai pihak. Selain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, akademisi Universitas Brawijaya, dan media massa JatimTIMES Network, Bank Jatim Cabang Malang, Indomaret, BPJS Ketenagakerjaan, Sharetour Wisata juga turut menuukseskan acara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 tersebut.

Baca Juga : 4 Hal yang Dilaknat Allah dan Malaikat-Nya, yang Kedua Mengejutkan

Sementara itu, hingga Rabu (15/3/2023) sore, tim juri Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 masih melaksanakan serangkaian penilaian visitasi di Desa Landungsari. 

Tim JatimTIMES Network yang sekaligus menjadi salah satu juri dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, Dede Nana menyebut, penilaian visitasi ini merupakan serangkaian penjurian dalam Lomba Desa, sebelum akhirnya akan dilangsungkan uji panel pada 20 Maret 2023 mendatang.

Nana berharap, upaya untuk terus berinovasi dalam bidang pemerintahan maupun pengoptimalan potensi desa tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan. Hal itu ditujukan guna mewujudkan Malang Makmur di Kabupaten Malang.

"Hari ini merupakan desa terakhir yang kami tinjau dalam penilaian visitasi pada Lomba Desa. Namun sejatinya ini bukan yang terakhir, sebab Lomba Desa ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Maka diharapkan Pemerintah Desa (Pemdes) tidak berhenti untuk terus berinovasi," tukas Nana saat menyampaikan sambutannya saat penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 di Desa Landungsari, Rabu (15/3/2023).


Topik

Pemerintahan lomba desa lomba desa kabupaten malang pemkab malang pemdes kabupaten malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Sri Kurnia Mahiruni