Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pantau Kemacetan di Kota Batu, 20 CCTV Dikerahkan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jun - 2018, 14:43

Petugas saat mengecek kondisi CCTV di simpang empat Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Petugas saat mengecek kondisi CCTV di simpang empat Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Mempermudah monitoring kemacetan yang bakal terjadi saat arus mudik dan balik lebaran 2018 Pemkot Batu siapkan CCTV. Totalnya ada 20 kamera CCTV yang telah terpasang di 12 titik jalan Protokol Kota Batu. 

Fungsi dari CCTV ini adalah untuk mengawasi dan merekam lalu lintas di jalan-jalan protokol. Dalam rekaman CCTV itu bisa dilihat secara realtime. 

“CCTV ini sangat penting untuk melihat arus kendaraan, sehingga kami juga telah melakukan pengecekkan agar berfungsi dengan baik,” ungkap Romi Staf Bidang Lalu Lintas, Seksi Menejemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Batu

Keberadaan CCTV mempermudah mengambil tindakan saat terjadi kemacetan. Sebab jika terjadi hal tersebut petugas bisa langsung menuju area untuk mengurai kemacetan. 

“Dengan CCTV ini akan mempermudah kami untuk bertindak lebih cepat. Sehingga tidak sampai lama, karena kalau lama tentunya macet panjang,” imbuhnya.

Sedangkan untuk pemantauan sudah dilakukan sejak 7-24 Juni mendatang. Sedangkan petugas akan melakukan pemantauan selama 24 jam. 

“Jadi kita akan bertugas selama 24 jam. Karena kota Batu sebagai kota wisata saat libur harus standby,” jelas Romi.

Sudah mengawasi dan juga merekam arus lalu lintas yang terpantau. "Semuanya terkoneksi, dan bisa dilihat di ruang milik Dinas Perhubungan yang ada di Sultan Agung," ungkap Romi. 

Sedangkan untuk bisa melihat kondisi arus lalu lintas ini dipantau di kantor Dinas Perhubungan Jl Sultan Agung, Kecamatan Batu. 

Selain itu fungsi dari rekaman CCTV ini bisa digunakan untuk antisipasi tidak kriminal dan juga mengungkap peristiwa kejahatan. Tidak hanya itu saja melalui CCTV juga membantu fungsi kontrol warning light. 


Topik

Pemerintahan penambahan-cctv kota-batu pantau-kemacetan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni