Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Miliki Aset Hingga Rp 3 Miliar, Bank Desa Sengguruh Jadi Jujukan Visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Mar - 2023, 20:23

Manajer PT LKM Bank Desa Sengguruh, Suliyanto (dua dari kanan) saat menjelaskan inovasi Bank Desa Sengguruh ketika penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim Times)
Manajer PT LKM Bank Desa Sengguruh, Suliyanto (dua dari kanan) saat menjelaskan inovasi Bank Desa Sengguruh ketika penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. (Foto : Ashaq Lupito / Jatim Times)

JATIMTIMES - Inovasi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen ini layak mendapatkan acungan dua jempol. Pasalnya, hanya dalam waktu kurang dari dua tahun, PT Lembaga Keuangan Masyarakat (LKM) Bank Desa Sengguruh ini telah mampu menghasilkan aset hingga nyaris Rp 3 miliar.

Berkat terobosan inovasi itulah, Desa Sengguruh di Kecamatan Kepanjen lolos enam desa terbaik dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Sedangkan pada Senin (13/3/2023), juri penilaian visitasi telah melangsungkan peninjauan yang salah satunya menyasar PT LKM Bank Desa Sengguruh.

Baca Juga : Terlibat Kasus Penganiayaan, Empat Pendekar Silat di Tulungagung Tidak Ditahan

"Bank Desa Sengguruh ini berdiri pada saat pandemi (Covid -19), yaitu 16 Mei 2021 dan telah berbadan hukum," kata Manajer PT LKM Bank Desa Sengguruh, Suliyanto saat ditemui Jatim Times di sela-sela agenda penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023, pada Senin (13/3/2023).

Pada awal berdiri, diterangkan Suliyanto, Bank Desa Sengguruh hanya memiliki aset Rp 200 juta. Modal itulah yang dikelola dengan baik sehingga mampu meningkatkan nilai aset yang mencapai hampir Rp 3 miliar.

"Modal awal dari DD (Dana Desa) yang dialokasikan untuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), yaitu pada penyertaan modal desa yang senilai Rp 200 juta. Modal awal itu yang kami kelola dan hingga saat ini Bank Desa Sengguruh telah memiliki aset mencapai lebih dari Rp 2,9 miliar," imbuhnya.

Eksistensi PT LKM Bank Desa Sengguruh tersebut, tidak terlepas dengan adanya berbagai pelayanan yang diberikan kepada para nasabah. Pelayanan tersebut meliputi simpan pinjam, deposito, hingga program pelayanan Sipendik atau Simpanan Pendidikan.

"Saat ini kami memiliki lebih dari 980 nasabah yang berasal tidak hanya dari Desa Sengguruh saja, tapi juga ada nasabah yang dari beberapa wilayah di Kabupaten Malang. Di antaranya Kepanjen, Pakisaji, dan Sumberpucung," jelasnya.

Guna mendukung operasional, PT LKM Bank Desa Sengguruh memberdayakan masyarakat sekitar. Hingga kini sudah ada empat karyawan. Yakni yang bertugas sebagai manajer, kasir, dan marketing.

"Beberapa waktu lalu Bank Desa Sengguruh ini pernah ditinjau dan dikunjungi oleh Kementerian dan Pemerintah Provinsi (Jawa Timur). Beliau berkunjung karena berkat adanya Bank Desa Sengguruh ini, masyarakat bisa mandiri dan terbebas dari jeratan bank titil," ujarnya.

Salah satu pelayanan yang menarik yang ada di PT LKM Bank Desa Sengguruh adalah program pelayanan Sipendik. Sebab, tidak ada patokan nominal yang harus ditabung. Bahkan Rp 500 rupiah juga bisa ditabung dalam pelayanan Sipendik.

"Pelayanan Sipendik ini berapapun dan kapanpun boleh menabung. Bahkan hanya Rp 500 saja juga boleh, jadi banyak masyarakat yang suka. Kemudian hasil menabung di layanan Sipendik itu bisa diambil setiap tahun, yaitu saat memasuki tahun ajaran baru," jelasnya.

Sama seperti perbankan pada umumnya, bagi nasabah yang akan meminjam uang diwajibkan untuk meninggalkan jaminan. Yaitu jaminan berupa BPKB kendaraan, sertifikat tanah, dan bahkan ada karyawan yang menjadikan surat pengangkatan karyawan dan ATM sebagai jaminan.

Baca Juga : Pemkot Malang Apresiasi Gelaran March to Glory Volume 2 - Piala Walikota 2023: Harus Ada Volume 3

Sehingga waktu ambil gaji, peminjam yang menjadikan surat pengangkatan karyawan tersebut ambil gaji melalui PT LKM Bank Desa Sengguruh yang telah bekerja sama dengan BRI Link.

"Jam operasional kami buka setiap hari Senin hingga Sabtu. Yaitu buka pukul 08.00 WIB dan tutup jam 15.00 WIB. Tapi kalau hari Sabtu buka setengah hari, kami Sabtu jam 12.00 WIB sudah tutup," ujarnya.

Di sektor pengamanan, PT LKM Bank Desa Sengguruh juga berkoordinasi dengan pihak berwajib. Terutama dengan pihak kepolisian. Sehingga aset yang ada saat ini dipastikan keamanannya.

"Di kantor kami ini juga dilengkapi dengan brankas super aman dan kamera CCTV. Sehingga aman, dan tentunya kami tidak lupa berdoa," ujar Suliyanto yang merupakan warga asli Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini.

Berkat kemandirian itulah, pada tahun 2023 PT LKM Bank Desa Sengguruh menargetkan mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADesa) hingga ratusan juta.

"Saat ini, semua perputaran uang khususnya di Desa Sengguruh mulai dari tingkat RT hingga BUMDes sudah melalui kami (PT LKM Bank Desa Sengguruh). Sehingga target kami dalam satu tahun ke depan mampu menyumbang PAD Desa hingga Rp 100 juta," tukasnya.

Sekedar informasi, inovasi PT LKM Bank Desa Sengguruh yang ada di Kecamatan Kepanjen tersebut juga menjadi salah satu jujukan juri dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Selain inovasi Bank Desa, para juri yang terlibat dalam penilaian visitasi juga meninjau beragam potensi dan inovasi yang ada di Desa Sengguruh.

Sebagaimana yang telah diberitakan, ada enam desa yang lolos dalam penilaian visitasi pada Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Keenam desa yang lolos dalam penilaian visitasi Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 tersebut meliputi, Desa Sriginco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit; Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan; dan Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.


Topik

Pemerintahan lomba desa Kabupaten Malang Bank Desa Sengguruh simpan pinjam


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Nurlayla Ratri