Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Internasional

Viral, Hujan Cacing di China, Begini Faktanya 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

13 - Mar - 2023, 17:23

Nampak di atas mobil tersebut terdapat banyak kotoran diduga cacing (foto: TikTok)
Nampak di atas mobil tersebut terdapat banyak kotoran diduga cacing (foto: TikTok)

JATIMTIMES - Sebuah video viral di media sosial yang menarasikan terjadi hujan cacing di China. Bahkan dalam narasi yang beredar warga hingga memakai payung agar terhindar dari cacing. Kabar itu salah satunya diunggah oleh akun TikTok @dragononline88. 

Tampak dalam video itu mobil-mobil dipenuhi kotoran yang disebut dengan cacing. Kemudian narasi yang disampaikan juga menyebutkan bahwa warga di negara tirai bambu dikejutkan dengan fenomena turun hujan cacing. 

Baca Juga : Viral, Perahu Peserta Nyadran Berisi Sound System di Sidoarjo Oleng, Netizen Malah Bersyukur

"Hingga kini belum diketahui sumber fenomena aneh tersebut," penjelasan dalam unggahan tersebut. 

Lantas benarkah? Beberapa netizen mengklarifikasi bahwa video yang viral itu bukan cacing, mamun serbuk sari pohon yang bentuknya sekilas mirip ulat. Seperti unggahan penjelasan dari akun @imniming. 

Akun tersebut menjelaskan bahwa dirinya kini tengah berada di China. Banyak serbuk sari pohon berjatuhan ke bawah lantaran di China saat ini tengah musim semi, peralihan dari musim dingin ke panas. 

"Yang kalian lihat di video viral itu bukan cacing tapi tree's pollen (serbuk sari pohon)," ungkap pria pemilik akun tersebut. 

Sementara itu, laporan dari New York Post menyebutkan bahwa beberapa ahli menduga cacing-cacing itu jatuh ke jalan kota setelah tersapu angin kencang. Teori tersebut didukung oleh jurnal ilmiah Mother Nature Network, yang menjelaskan bahwa kejadian dengan hewan semacam ini terjadi setelah badai.

Baca Juga : Viral Pemotor Main HP Kabur usai Tabrak Seorang Bapak yang Sedang Joging

Namun, seorang jurnalis Tiongkok bernama Shen Shiwei menegaskan bahwa video itu palsu dan bahwa tidak ada curah hujan di Beijing belakangan ini. "Saya berada di Beijing dan video itu palsu. Tidak ada hujan di Beijing belakangan ini," ujarnya, dikutip Senin (13/3/2023). 

Diketahui, istilah hujan cacing sejatinya digunakan sebagai narasi untuk mempromosikan video tersebut agar viral. Tak lama kemudian, banyak orang kemudian percaya bahwa cacing-cacing itu benar-benar jatuh dari langit.

Hingga berita ini ditayangkan, tidak ada otoritas resmi yang memberikan komentar terkait hujan cacing di China tersebut. 


Topik

Internasional hujan cacing hujan cacing di china


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana